alexametrics

DPR RI Nilai Jembatan Musi IV Terlalu Sempit

14 Desember 2018, 14:18:10 WIB

JawaPos.com – Pembangunan Jembatan Musi IV kini telah selesai dilakukan. Namun, pembangunan tersebut menjadi sorotan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Pasalnya, jembatan tersebut dinilai terlalu sempit. Sehingga, lalu lintas pun diprediksi tidak optimal.

Wakil Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo mengaku, berdasarkan pandangannya jika jembatan ini terlalu sempit. Sehingga, berpotensi terjadinya kemacetan. Jika kondisi telah stagnan dan overload ditakutkan bisa roboh seperti di Kalimantan, dan Pontianak.

“Dari penjelaskan balai besar jika memang nantinya jembatan ini didesain duplikat sehingga bisa menampung empat jalur dan mengurangi beban jembatan,” katanya saat ditemui disela kunjugan ke Jembatan Musi IV, Jumat (14/12).

Selain terlalu sempit, dirinya juga menilai ketinggian dari jembatan tersebut masih kurang. Mengingat, sekitar 112 Kilometer dari Jembatan Musi IV merupakan laut lepas. Dengan ketinggian yang baik, maka kapal cargo pengangkut tongkang dan lain sebagainya mampu melewati Sungai Musi sehingga dapat mengurangi beban lalu lintas jalan raya.

“Kami berharap APBN terus membaik sehingga mampu membangun kembali jembatan,” ujarnya.

Kedepan, ia berharap Sumsel lebih mengoptimalkan jalur perairan. Karena jika mampu langsung ke laut maka dapat mengeskpor ke negara lainnya.

Karena itu, ini akan menjadi evaluasi kami agar pelabuhan di Sumsel lebih kuat lagi kedepannya. Dengan begitu dapat mengefisiensikan biaya anggaran dari APBN untuk perawatan jalan. Selain itu, bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas darat.

“Dengan baiknya jalur perairan maka lalu lintas darat lebih mudah diatur dan tidak overload,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BBPJN V Palembang, Syaiful Anwar mengatakan, jika pembangunan Musi IV ini sudah sesuai desain dan memang kedepannya bakal ada duplikatnya. Ia mengaku, memang potensi kemacetan masih dapat terjadi mengingat saat ini beberapa akses pendekat belum sesuai.

Seharusnya jembatan ini akan tembus ke Jalan Ahmad Yani. Namun, akan dilakukan secara bertahap di tahun 2019. “Jika ini sudah dilakukan maka trafic nantinya akan lebih baik lagi,” katanya.

Sejauh ini, ia mengaku untuk ujicoba sudah selesai dilakukan dan sesuai dengan rencana. Selain itu, rekomendasi keamanan juga telah dikeluarkan. “Kedepan jembatan ini tinggal dioperasionalkan saja,” tutupnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (lim/JPC)

DPR RI Nilai Jembatan Musi IV Terlalu Sempit