JawaPos Radar | Iklan Jitu

Hasil Karya TNI Lewat TMMD

Jembatan Melintang Memudahkan Warga Pedalaman Kaltim ke Kota

14 November 2018, 12:59:29 WIB | Editor: Ilham Safutra
Jembatan Melintang Memudahkan Warga Pedalaman Kaltim ke Kota
Jenderal TNI Mulyono saat melakukan pemeriksaan pasukan upacara penutupan TMMD ke-103 menggunakan kopiah khas Kutai. Salah satu karya TNI di TMMD membangun Jembatan Melintang. (RIFQI/KALTIM POST/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Warga Melintang, Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegera (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), tak lagi terisolasi. Kini telah berdiri jembatan sepanjang 1,1 km yang menghubungkan desa mereka dengan desa lain di Muara Wis. Jembatan itu ada berkat program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digawangi TNI-AD.

"Baru kali ini kami membangun jembatan lebih dari 1.000 meter," ungkap Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono saat meninjau langsung hasil program TMMD di Kukar tersebut kemarin (13/11). Jembatan yang dimaksud Mulyono itu tak lain adalah jembatan di Desa Melintang tersebut. Sebelum TMMD masuk, boleh dibilang Desa Melintang termasuk yang paling sulit diakses di Kukar.

Untuk mencapai pusat kecamatan saja, dibutuhkan waktu berjam-jam. Masyarakat di sana harus menyisir anak Sungai Mahakam dengan mengandalkan pompong. Pun demikian halnya jika ingin sampai ke pusat Kabupaten Kukar dan daerah lain di Kaltim. Mereka hanya bisa mengandalkan angkutan air. Dengan jarak, waktu tempuh, dan biaya yang besar. "Bisa dua sampai tiga jam ke Kota Bangun. Bayar sekali jalan Rp 250 ribu," ungkap salah seorang warga Melintang bernama Ahmad.

Namun, kini itu semua sudah menjadi cerita lalu. Jembatan yang dibangun lewat TMMD memangkas itu semua. Baik jarak, waktu tempuh, maupun biaya. Kehadiran jembatan tersebut membuat Ahmad dan warga Melintang lebih mudah ketika hendak bepergian. Untuk sampai Desa Muara Wis, kini mereka tinggal naik sepeda motor.

Dengan besarnya manfaat, KSAD menegaskan, program TMMD bakal terus berlanjut. Jenderal bintang empat TNI-AD tersebut menyampaikan, TMMD bakal tetap berjalan setahun tiga kali. "Tinggal koordinasi ke pemda untuk pemilihan lokasinya," ujar Mulyono. 

(syn/c9/fim)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up