alexametrics

Hasil Penyelidikan Pelecehan Seksual UGM Akan Dikirim ke Polda Maluku

14 November 2018, 13:25:25 WIB

JawaPos.com- Polda Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sedang menyelidiki kasus dugaan pelecehan seksual yang menimpa Agni (nama samaran), seorang mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM). Nantinya, hasil pengumpulan data informasi itu akan dikirim ke Polda Maluku, lokasi kejadian peristiwa tersebut.

Kabid Humas Polda DIJ AKBP Yuliyanto mengatakan, sejak mencuatnya kasus itu pihaknya telah melakukan penyelidikan. Pengumpulan data informasi dihimpun dari berbagai sumber. Mulai dari media massa, media sosial, maupun sumber-sumber lainnya.

“Sudah sejak kasus itu mencuat. Setelah itu akan ada laporan hasil penyelidikan. Nanti akan kami kirim ke Polda Maluku. Apakah akan ditingkatkan ke penyidikan atau apa tergantung di sana (Maluku, Red),” katanya ditemui di Brimob Gondowulung, Kabupaten Bantul, DIJ, Rabu (14/11).

Yuliyanto menegaskan, kasus tersebut bukan termasuk delik aduan. Di dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) Pasal 108 disebutkan, pihak pelapor harus dari korbannya. Pelapor harus mengetahui, mengalami, dan melihat.

Pasal tersebut tidak mengakomodir orang lain yang mendengar kejadian itu. “Dalam kasus ini kan yang mengetahui, mengalami hanya korban. Kalau hanya mendengar belum bisa terakomodir dalam Pasal 108 ayat 1 itu,” tambahnya.

Sejauh ini, korban belum diketahui apakah berkenan melapor atau tidak. Alhasil, polisi belum bisa memerika terduga pelaku maupun UGM. “Kalau memanggil (untuk diperiksa), kan harus ada laporan polisi dulu,” ucap perwira polisi dengan dua melati di pundak itu.

Diberitakan sebelumnya, mahasiswa teknik UGM, HS diduga melakukan tindak pelecehan seksual terhadap rekannya saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Seram, Provinsi Maluku pada 2017 silam. Kasus itu kembali mencuat beberapa waktu belakangan setelah muncul sebuah tulisan dari majalah kampus.

Korban diketahui sebagai mahasiswi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). Saat ini dia masih mendapatkan pendampingan psikologi. Sedangkan terduga pelaku, berinisial HS, ditunda jadwal wisudanya sampai perkara ini tuntas.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Hasil Penyelidikan Pelecehan Seksual UGM Akan Dikirim ke Polda Maluku