JawaPos Radar | Iklan Jitu

Empat TKA Asal Tiongkok Ilegal Kerja di PLTU Teluk Kadere

14 November 2018, 05:25:59 WIB | Editor: Estu Suryowati
Empat TKA Asal Tiongkok Ilegal Kerja di PLTU Teluk Kadere
Empat tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok ditemukan tak mengantongi dokumen lengkap. Mereka terancam dipulangkan ke negara asal. (Bontang Post/ Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com – Empat tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok ditemukan tak mengantongi dokumen lengkap. Mereka bekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Teluk Kadere, Bontang Lestari.

Penemuan TKA ilegal itu berawal dari laporan PT ZTPI terkait orang asing yang mereka kerjakan. Kepada Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Bontang, mereka mengaku hanya 45 orang.

Laporan itu lantas ditindaklanjuti DPMTK-PTSP Bontang bersama Dinas Tenaga Kerja Kaltim. Ikut juga tim pengawasan orang asing (Pora). Yang terdiri dari Polres Bontang, Kodim 0908/BTG, Kejaksaan Negeri Bontang, dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bontang.

Setelah bertemu dengan PT ZTPI, pekan lalu, diketahui bahwa ada 166 TKA. Kemarin (13/11), tim gabungan pun mendatangi barak pekerja. Ditemukan empat orang tidak memiliki dokumen lengkap.

"Yang kami curigai ada delapan orang. Namun hasil kroscek kami berhasil menemukan empat orang," ungkapnya dikutip dari Bontang Post (Jawa Pos Group), Rabu (14/11).

Puguh menuturkan, keempat TKA itu tidak diperbolehkan berada di lokasi kerja. Dan dikembalikan ke kantor imigrasi untuk menyelesaikan kelengkapan dokumen. Opsi lain, memulangkannya ke negara asal.

"Jadi sesuai perusahaannya," tuturnya.

Dia menambahkan, pemerintah akan mengajukan surat ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI. Menurutnya, itu dilakukan karena sudah melihat terlalu banyak TKA yang berada di Bontang dan masuknya tidak tertata dengan baik.

"Kami juga berupaya dalam pengajuan surat tersebut, berharap tenaga lokal yang non-skill di sini bisa diserap," pungkasnya.

(jpg/est/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up