JawaPos Radar | Iklan Jitu

Proyek Kereta Bandara Adi Soemarmo

14 Pemilik Lahan Ikuti Tahap Konsiyasi di Pengadilan Negeri Solo

14 November 2018, 20:30:44 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Proyek Kereta Bandara Adi Soemarmo
ILUSTRASI: Kereta Bandara Soekarno-Hatta (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebanyak 14 pemilik lahan yang ada di RT 1 RW 23, Kadipiro, Banjarsari, Solo mengikuti tahapan konsiyasi terkait pembebasan lahan proyek jalur kereta bandara. Dari jumlah tersebut enam diantaranya sudah menyetujui dan mengambil uang ganti rugi pembebasan lahan di Pengadilan Negeri (PN) Solo. Sedangkan sisanya masih dalam proses untuk pencairan dana tersebut. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Endah Sitaresmi Suryandari mengungkapkan, sebelumnya 14 pemilih lahan di Kadipiro tidak menyetujui dengan besaran ganti rugi. Beberapa tahapan yang dilalui juga tidak membuahkan hasil, akhirnya proses ganti rugi dilakukan dengan caran konsiyasi.

"Beberapa warga masih belum sesuai dengan nilai appraisal, tapi yang enam sudah ok (setuju)," urainya usai memimpin rapat koordinasi (Rakor) dengan instansi terkait di the Sunan Hotel, Solo, Rabu (14/11). 

Sita begitu sapaan akrabnya menambahkan, pihaknya berupaya untuk menyelesaikan tahapan pembebasan lahan di lokasi yang rencananya akan digunakan sebagai stasiun tersebut. Pemkot Solo menargetkan, seluruh proses pembebasan lahan untuk proyek jalur kereta bandara harus rampung Desember ini.

"Mau tidak mau mereka harus menerima proses konsiyasi ini, karena kami juga sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Targetnya Desember ini seluruh masalah non teknis harus selesai," katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Prasarana Wilayah I, Ditjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) , Bram Hertasning mengatakan, pihaknya berupaya agar proses pembebasan lahan bisa secepatnya rampung.

"Kemarin kendalanya karena belum ada keselarasan frekuensi saja, sekarang setelah ada Rakor kami semakin optimis pembebasan lahan bisa segera rampung," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up