alexametrics

Overkapasitas Penjara di Jatim Meningkat 12 Persen

Napi Terorisme dan Narkoba Meningkat
14 Oktober 2021, 18:41:31 WIB

JawaPos.com–Overkapasitas rumah tahanan (rutan) di Jatim meningkat sebesar 12 persen dibandingkan pada 2020. Warga binaan kasus terorisme dan narkotika meningkat tajam. Sedangkan kasus tipikor dan illegal logging turun.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menjelaskan, per Oktober, 39 lapas/rutan di Jatim dihuni sekitar 27.707 warga binaan. Jumlah itu melebihi kapasitas hunian yang hanya mampu menampung 13.246 orang.

”Yang berstatus tahanan sekitar 6,3 ribu dan yang berstatus narapidana sekitar 21 ribu orang,” ujar Krismono, Kamis (14/10).

Bila diklasifikasikan menurut jenis pidananya, sekitar 12.160 orang terjerat pidana umum dan sisanya masuk dalam pidana khusus. Selain itu, terdapat peningkatan jumlah warga binaan yang cukup signifikan dari kasus narkotika.

”Ada peningkatan warga binaan dengan latar belakang kasus narkotika, yang terklasifikasi sebagai bandar dua kali lipat dari pemakai,” ulas Krismono.

Berdasar data Sistem Database Pemasyarakatan jumlah warga binaan dengan vonis sebagai bandar mencapai 10.169 orang. Lebih dari dua kali lipat dengan pemakai narkotika yang berjumlah 4.821 orang. Jumlah itu meningkat tajam jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Jumlah total bandar dan pemakai hanya 12.506 orang.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads