alexametrics

Baru 1 Juta Lansia di Jatim Dapat Vaksin Covid-19

14 Oktober 2021, 13:38:40 WIB

JawaPos.com–Vaksinasi bagi lansia di Jawa Timur terhitung masih rendah. Per Rabu (13/10), vaksinasi lansia dosis 1 baru di angka 31,52 persen. Sementara dosis 2 mencapai 17,94 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha mengaku, rendahnya capaian vaksinasi lansia karena banyaknya kontraindikasi yang menjadi penghalang untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Salah satu kontraindikasi yang dialami lansia adalah penyakit hipertensi. Akibatnya, mereka tidak bisa mendapatkan vaksin.

”Lansia ini laporan teman-teman banyak yang hipertensi. Ini kan kontraindikasi,” ucap Erwin, Kamis (14/10).

Erwin menegaskan, keamanan terhadap indikasi kemanan harus diperhitungkan. Mengejar target vaksin bukan menjadi prioritas utamanya. ”Jangan sampai demi mengejar target capaian vaksin, kontraindikasi dipaksakan,” terang Erwin.

Selama ini, vaksinasi dosis 1 sudah dilakukan pada 1.366.197 lansia di Jatim. Kemudian 773.343 lansia sudah mendapatkan vaksinasi dosis 2.

Kendala lain yang dihadapi Erwin adalah pemahaman warga untuk vaksin. Dia meminta seluruh camat, lurah, RT/RW untuk terus mengedukasi warga supaya segera divaksin.

Mantan Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) Rumah Sakit Darurat Lapangan Indrapura (RSLI) itu mengakui bahwa kesadaran vaksinasi warga masih kurang. ”Kami terus edukasi masyarakat supaya mau dan segera vaksin,” kata Erwin.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads