alexametrics

Dua Peserta Tes SKD CPNS Kota Madiun Positif Covid-19

14 September 2021, 22:45:29 WIB

JawaPos.com–Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kota Madiun, Jawa Timur, mencatat ada dua peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 yang positif terkonfirmasi Covid-19.

’’Keduanya telah melapor ke panselda jauh hari sebelum SKD digelar pada Selasa (14/9),’’ ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BK) Kota Madiun Haris Rahmanudin seperti dilansir dari Antara di Madiun, Selasa (14/9).

Dia mengatakan, kedua peserta itu seharusnya dijadwalkan mengikuti seleksi pada hari keempat atau Jumat (17/9). Namun, karena terkonfirmasi Covid-19, tidak diperkenankan mengikuti SKD di Asrama Haji Kota Madiun sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Mengetahui hal itu, pihak panselda telah melapor ke BKN untuk dijadwalkan tes ulang. Sesuai rencana, keduanya mengikuti SKD CPNS di Kantor Regional (Kanreg) II BKN Surabaya.

’’Bagi peserta yang positif Covid-19, seleksinya akan dijadwalkan ulang kalau sudah sembuh. Pelaksanaannya di Kanreg II BKN Surabaya,’’ terang Haris Rahmanudin.

Haris menjelaskan, karena situasi pandemi, persyaratan seleksi pun menyesuaikan. Adapun sejumlah syarat mengikuti SKD CPNS 2021 adalah melakukan tes usap PCR dengan kurun waktu maksimal 2×24 jam atau tes cepat antigen dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam dengan hasil negatif.

’’Hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan agar pelaksanaan Tes SKD CPNS 2021 tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19,’’ papar Haris.

Meski sudah membawa surat hasil negatif Covid-19, sebelum pelaksanaan SKD juga tetap dilakukan pemeriksaan ulang, seperti pengecekan suhu tubuh. Jika suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celsius, panselda telah menyiapkan ruangan khusus dan terpisah dengan lokasi tes yang berada di aula Asrama Haji Kota Madiun.

’’Memang itu sudah kita siapkan. Bagi peserta yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celsius akan kita tempatkan terpisah di ruangan khusus,’’ tutur Haris Rahmanudin.

Sesuai data, tes SKD CPNS  2021 Kota Madiun hari pertama, Selasa (14/9), diikuti sebanyak 486 peserta, yang dibagi dalam tiga sesi dengan masing-masing sesi sebanyak 162 peserta. Terdapat 72 peserta yang absen hingga dinyatakan gugur oleh panselda pada hari pertama tes.

Tes SKD CPNS Kota Madiun secara total diikuti 3.312 peserta. Dari jumlah itu 2.986 peserta memilih titik lokasi menjalani tes seleksi di Kota Madiun selebihnya di Kanreg BKN, maupun di BKN pusat. Sesuai rencana tes SKD berlangsung pada 14-17 September.

Para peserta seleksi SKD CPNS itu memperebutkan 114 formasi CPNS di Kota Madiun. Terdiri atas tenaga kesehatan 62 formasi dan tenaga teknis 52 formasi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads