alexametrics

Vaksinasi MR di Sumsel Baru Capai 46 Persen

14 September 2018, 17:06:28 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan terus mengenjot vaksinasi Measlies dan Rubella (MR). Pasalnya, hingga kini vaksinasi yang dilakukan baru mencapai 46 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Ferry Yanuar mengakui sejak dimulainya vaksinasi pada Agustus lalu, vaksinasi yang dilakukan baru mencapai 995 ribu atau 46 persen dari total 2.239.000 anak. 

Hal ini dikarenakan, sempat adanya penundaan karena persoalan kandungan dalam vaksinasi tersebut. Namun, kini Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa nomor 33 sehingga dapat kembali dilanjutkan.

“Sekarang sudah berjalan lagi seperti semula tapi harus dilakukan sosialisasi ulang dan harus dimobilisasi lagi,” katanya saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (14/9).

Meskipun begitu, pihaknya optimis vaksinasi yang dilakukan akan mencapai target yang telah ditetapkan. Setidaknya, 95 persen sehingga dengan sendirinya 5 persen akan terlindungi karena virus ini tidak akan berkembang jika lingkungan disekitarnya sudah kebal.

“Kami mengimbau kepada Dinkes kabupaten/kota untuk terus bergerak melakukan sosialisasi dan vaksinasi,” ujarnya.

Selain menyasar anak-anak, saat ini pihaknya juga melakukan sosialisasi terhadap pasangan muda yang akan melangsungkan pernikahan ataupun yang baru menikah. Karena, kebanyakan dari mereka belum mengetahui tentang penyakit ini. 

“Memang penyakit ini tidak dirasakan bagi dewasa. Tapi, menyasar kepada janin yang dikandung sehingga setelah lahir baru diketahui jika terkena Rubella,” terangnya.

Ia menambahkan untuk jumlah penderita di Sumsel ada beberapa kasus. Namun, dirinya tidak mengingat jumlah kasus tersebut. “Saya tidak ingat jumlah kasusnya dan kami akan cek lagi,” singkatnya. 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (lim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Vaksinasi MR di Sumsel Baru Capai 46 Persen