alexametrics
Info Desa

Bangun Taman Seluas 5 Hektare

14 Agustus 2019, 19:00:50 WIB

JawaPos.com – Bujung Buring, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Lampung, berupaya maksimal untuk mengelola lahan kosong seluas 5 hektare menjadi taman bermain, lapangan olahraga, dan spot wisata untuk menarik pengunjung agar datang ke desanya.

’’Kami buat lapangan olahraga untuk voli dan basket. Fasilitasnya masih sangat sederhana, belum standar operasional, tapi sudah bisa digunakan untuk umum,’’ ujar Kepala Desa Bujung Buring Agus Sutrimo.

Menurut dia, desa yang baik adalah desa yang menyediakan berbagai fasilitas untuk penghuninya. Dalam hal ini, menyalurkan hobi sekaligus bermain. ’’Perlu ada tempat khusus anak seperti taman bermain. Sekarang, tiap sore pengunjung anak-anak, pemuda, hingga orang tua bisa main di situ,’’ tuturnya.

Selain berguna untuk penghijauan, penanaman pohon buah-buahan dan bunga dapat mempercantik taman tersebut. ’’Kami berencana menambah wahana tempat wisata berupa rumah adat yang besar di situ,’’ ungkapnya.

Pembangunan rumah adat itu dimaksudkan agar wisatawan dari luar dan dalam negeri tertarik berkunjung ke Desa Bujung Buring. Diharapkan, dengan banyaknya pengunjung, pendapatan desa bisa meningkat. ’’Secara otomatis, ekonomi masyarakat desa kami lebih maju,’’ kata Agus.

Pembangunan Taman Sehati merupakan salah satu bentuk realisasi Program Inovasi Desa (PID) yang digagas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). ’’Saat ini, kami dahulukan pagar keliling dan spot kuliner supaya masyarakat yang tidak punya kerjaan bisa berjualan,’’ jelasnya.

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Taufik Madjid berharap PID bisa menjadi momentum dan menjaring komitmen para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam peningkatan kualitas pembangunan desa yang lebih inovatif.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads