JawaPos Radar

Modus Baru Bobol Rumah, Pelaku Pura-pura Minta Minum

14/08/2018, 21:07 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Modus Baru Bobol Rumah, Pelaku Pura-pura Minta Minum
Riswanto (tengah) saat berada di Mapolsek Wiyung (Dida Tenola/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pelaku pembobolan rumah punya beragam modus saat melancarkan aksinya. Biasanya mereka juga pandai menggambar atau membaca situasi rumah. Tak terkecuali bagi Riswanto, 42, warga Simomulyo Baru, Surabaya.

Dia menyasar rumah yang hanya ditinggali pekerja rumah tangga (PRT). "Pelaku ini pura-pura minta minum. Padahal dia mengamati sekeliling rumah yang akan dijadikan sasaran, mencari tahu mana celah untuk bisa masuk ke dalam," terang Kapolsek Wiyung Kompol M. Rasyad, Selasa petang (14/8).

Riswanto kemudian memilih untuk masuk dengan melompati tembok rumah. Dia mencari pohon agar bisa memanjat. Maklum saja, sasaran Riswanto biasanya rumah-rumah elit yang punya tembok tinggi.

Untuk mendukung aksinya, pelaku membekali diri dengan obeng dan senjata tajam. "Dia bawa celurit untuk berjaga-jaga kalau aksinya kepergok oleh korban," tambah Rasyad.

Aksi terakhir Riswanto dilakukan di Perumahan Daemo Santosa Raya C-9. Di rumah tersebut dia berhasil menggasak dua unit handphone, perhiasan emas, dan uang Rp 2 juta.

Tertangkapnya Riswanto tak terlepas dari keberadaan CCTV yang ada di TKP. Setelah mengantongi ciri-cirinya, polisi mendapat informasi bahwa Riswanto tinggal di Simomulyo Baru. "Saat kami tangkap, pelaku membuang celuritnya ke sungai," lanjut mantan Wakapolsek Wonokromo tersebut.

Riswanto sendiri mengaku sudah beraksi di tujuh lokasi. Selama ini, uang hasil kejahatannya cepat habis. "Saya pakai buat judi merpati pak," bebernya.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up