alexametrics

Rasakan Gempa Bengkulu, Pasien RS di Padang Dievakuasi

14 Agustus 2017, 01:00:28 WIB

JawaPos.com – Gempa yang terjadi di Bengkulu Utara pada Minggu (13/8), dengan kekuatan 6,6 SR ikut dirasakan di sejumlah provinsi tetangga, seperti Sumatera Barat, Jambi dan daerah lainnya.

Di Sumbar goncangan sangat terasa di Kota Padang. Dampaknya sejumlah pasien di RSUP M Djamil, Padang harus dievakuasi. Terutama mereka yang berada di lantai tiga. Tepatnya di bangsal anak dan kronis.

Gempa yang menggunjang dengan Bengkulu Utara dengan kekuatan 6,6 SR pada Minggu (13/8) sekitar pukul 10.08 turut dirasakan warga Padang, tidak terkecuali di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres (Jawa Pos Group), ada sekitar puluhan pasien yang dievakuasi sesaat ketika kejadian gempa tersebut. Mereka dibawa ke halaman rumah sakit.

“Tiba-tiba saja saya mendadak pusing, rupanya gempa, sontak saya dan keluarga yang ada di ruang itu (Bangsal kronis) membantu mendorong ayah saya yang sedang perawatan,” ucapnya Rohmudin, 46, seperti dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group).

Saat gempa itu, sebut Rohmudin, orang di rumah sakit begitu panik. Mereka berupaya menyelamatkan diri dan mengevakuasi pasien. “Ya banyak yang berupaya dievakuasi apalagi kami di lantai II ini, sangat terasa, sampai di bawah banyak juga pasien yang dievakusi keluar yang juga dibantu petugas rumah sakit,” ucapnya.

Hal senada juga dirasakan Fatimah, 43. Ketika kejadian itu dia juga berupaya membantu orang tuanya yang sedang dirawat. “Ya tentu saya tidak mau terjadi apa-apa, sehingga saya mendorong ibu saya keluarga, kebetulan petugas juga ada yang mengarahkan,” ucapnya.

Sementara itu, Aniayarti, salah seorang perawat di RSUP M.Djamil menuturkan pihaknya berupaya mengevakuasi pasien yang ada di lantai III khsusnya di bangsal Anak dan Kronis.

”Memang saat kejadian itu kami berupaya mengevakuasi dan membantu pasien khsusnya yang di lantai III, ada sekitar 40 pasien, namun berselang beberapa saat kemudian kondisi sudah aman kami meminta keluarga dan pasien kembali ke ruang perawatan,” cetusnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (iil/jpg/JPC)

Rasakan Gempa Bengkulu, Pasien RS di Padang Dievakuasi