JawaPos Radar

Langkanya Garam, Dapat Seharga Rp 18 Ribu Itu Sudah Bagus

14/08/2017, 21:46 WIB | Editor: Ilham Safutra
Langkanya Garam, Dapat Seharga Rp 18 Ribu Itu Sudah Bagus
Pedagang garam (RYAN DARMAWAN/PADANG EKSPRES/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Langkanya garam di pasaran membuat masyarakat atau pedagang rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan komoditas penting dalam masakan tersebut.

Jikapun bisa mendapatkan garam, pedagang pun harus rela membelinya di harga dua kali lipat dari hari biasa. Di sejumlah pasar tradisional Pekanbaru kelangkaan garam sangat dirasakan.

Di pasar Kodim harga garam masih cukup tinggi. Berkisar sekitar Rp 18 ribu hingga Rp 23 ribu per packnya. Wina, salah satu pedagang mengakku garam masih susah didapatkan sehingga harga garam masih berada di sekitaran harga tersebut.

"Kami masih susah dapat garam. Payah. Rp 18 ribu itu udah bagus, malah ada yang jual Rp 23 ribu di sana" ucap Wina seperti yang dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group), Senin (14/8).

Di Pasar Pusat, hal serupa juga dirasakan pedagang. Rian, salah seorang pedagang bumbu dapur menyebut, harga garam masih tinggi. "Garam masih susah sekarang, cari kemana mana masih segitu. Untuk sekarang harga kami ada di kisaran Rp 23 ribu," ujarnya.

Sementara itu di gudang garam yang terdapat di kawasan Pelabuhan Pelindo I, kawasan Jalan Saleh Abas Senapelan, pada Minggu (13/8) kedatangan garam.

Ko Satya, sang pemilik gudang mengatakan, gudangnya belum pernah mengalami kekosongan garam seperti gudang gudang lainnya. "Kami juga yang mempunyai harga paling beragam dan bervariasi ukuran. Punya saya satu-satunya, yang di Pekanbaru belum pernah tidak memiliki stok. Sedangkan yang lain bahkan ada yang kosong sampai dua bulan. Saya punya, banyak ragam variasi harga, ada 6 jenis, jadi bisa pilih mau yang mana," ujarnya.

Berbeda halnya dengan gudang garam yang terletak di Pasar Bawah. Sejumlah gudang mengalami kekosongan stok garam sudah cukup lama.

(iil/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up