JawaPos Radar

300 Rumah di Batam Ludes Terbakar

Solihin Teriak Bangunkan Warga Setelah Melihat Api

14/07/2018, 12:12 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kebakaran di Batam
LUDES: Kebakaran melanda kawasan rumah liar (ruli) di Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Batam, Sabtu (14/7). (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kebakaran menghanguskan 300 rumah liar (ruli) Beverli, Kelurahan Belian, Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Musibah tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Pagi itu pukul 03.30 WIB. Dengan kondisi yang masih gelap, M Solihin berlarian membangunkan warga setelah melihat api. Pertama kali, api muncul di rumah pria berusia 35 tahun itu.

Sebenarnya, Solihin sudah mencoba untuk langsung memadamkan api ketika pertama kali melihatnya. Namun niatnya memadamkan api tertahan karena terjatuh saat mengangkat air.

"Pas mau siram, saya terpeleset dan luka. Tak kuat lagi angkat airnya. Saya suruh anak dan istri keluar. Lalu saya bangunkan warga lain," kata M Solihin ketika ditemui di sekitar lokasi kebakaran, Sabtu (14/7).

Api yang semakin liar dan membesar membuat Solihin bergegas membangunkan warga. Ia memasuki setiap lorong permukiman untuk memberitahukan bahwa terjadi kebakaran.

Di sepanjang lorong, Solihin berteriak agar semua orang terbangun dan segera bergegas keluar untuk menyelamatkan diri. "Sudah panik kami. Saya langsung saja keluar-masuk lorong membangunkan warga. Jangan sampai ada yang terjebak," tutur Solihin.

Kondisi pemukiman yang sempit, membuat Solihin dan warga lain tidak bisa membawa barang-barang miliknya. Mereka hanya menyelamatkan diri dan sedikit barang-barang yang bisa dibawa.

Seelumnya diberitakan, setidaknya ada 595 jiwa dari 192 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban kebakaran. Dari jumlah tersebut, ada 48 anak yang duduk di bangku SD, 18 anak di bangku SMP, dan 10 anak di bangku SMA.

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan hubungan arus pendek listrik yang terjadi di salah satu rumah warga. Api kemudian dengan cepat menjalar ke rumah warga lainnya.

"Korban jiwa tidak ada. Tapi seluruh rumah warga hangus terbakar. Kami masih terus memperbaharui data yang ada," kata Lurah Kelurahan Belian Kamarul ketika ditemui di lokasi kebakaran.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up