alexametrics

Persatuan Insinyur Indonesia Dorong Jatim Miliki BUMD Tambang

14 Juli 2018, 20:52:24 WIB

JawaPos.com – Terpilihnya Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 tentu diiringi dengan berbagai harapan masyarakat untuk memajukan Jawa Timur. Selain pengentasan kemiskinan, banyak pihak juga berharap dibentuknya sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru yang khusus menangani pertambangan.

Seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Jawa Timur, Andrea Reoputra. Ia mencontohkan, potensi tambang emas dan perak di Bukit Tumpang Pitu Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi yang saat ini digarap oleh PT. Bumi Suksesindo (BSI).

“Pemprov perlu ada BUMD khusus itu (pertambangan) untuk peningkatan pendapatan daerah,” kata Reo di Surabaya, Sabtu, (13/7).

Saat ini, lanjutnya, peranan Pemprov Jatim selama ini cukup minim. Sehingga, kata dia, Pemprov Jatim tidak memperoleh kontribusi dari proyek tambang emas dan perak tersebut. Padahal, perizinan pertambangan itu dari Pemprov. 

“Deviden mungkin ada, tapi peningkatan pendapatan daerah tidak. Deviden dengan peningkatan pendapatan daerah itu beda,” ungkapnya.

Reo juga mengungkapkan, kesepakatan antara PT. BSI dengan Pemkab Banyuwangi sudah diteken terkait tambang Tumpang Pitu. Pemkab sendiri berinvestasi Rp. 500 miliar pada proyek itu. Begitu pula soal CSR dan program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tapi jalannya seperti apa, ini belum terekspos baik. Infrastruktur menjadi salah satu ukuran,” terang Reo. 

Kendati demikian, profesional muda ini memberikan apresiasi kepada Pemkab Banyuwangi yang berhasil mempekerjakan masyarakat Banyuwangi di tambang emas dan perak itu. Bahkan, jumlah pekerja di Tumpang Pitu saat ini mencapai 70 persen dari seluruh pekerja.

“Saya kira ini sudah bagus. Tetapi harus tetap mengawal konsesus lain seperti kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat, ” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Persatuan Insinyur Indonesia Dorong Jatim Miliki BUMD Tambang