JawaPos Radar

Siap Layani Arus Balik, Daop VIII Surabaya Tambah Dua Rangkaian Kereta

14/06/2018, 19:10 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Tambahan Kereta Api
ILUSTRASI: Daop VIII Surabaya kembali menyiapkan dua rangkaian kereta untuk melayani penumpang arus balik. Tambahan dua rangkaian itu dilakukan untuk menampung animo pengguna jasa kereta api yang meningkat dibanding tahun lalu. (Dida Tenola/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Daop VIII Surabaya kembali menyiapkan dua rangkaian kereta untuk melayani penumpang arus balik. Tambahan dua rangkaian itu dilakukan untuk menampung animo pengguna jasa kereta api yang meningkat dibanding tahun lalu.

Dua KA tambahan itu adalah Sembrani Lebaran, relasi Surabaya Pasar Turi- Gambir PP; dan KA Tambahan Premium dengan rute Surabaya Gubeng- Malang PP. Sembrani Lebaran dapat menampung 350 penumpang. Sedangkan KA Tambahan Premium bisa mengangkut lebih banyak penumpang, yakni sebanyak 650 penumpang.

Manager Humas Daop VIII Surabaya Gatut Sutiyatmoko memaparkan KA Sembrani Lebaran beroperasi mulai Rabu, 13 Juni hingga 24 Juni mendatang. Tarif sebelum lebaran antara Rp 375 ribu hingga Rp 485 ribu. Sedangkan setelah lebaran, tarifnya dipatok sebesar Rp 700 ribu.

Sembrani Lebaran dijadwalkan berangkat dari stasiun Surabaya Pasar Turi pada pukul 20.30 WIB. Estimasi kedatangan di stasiun Gambir pukul 06.42 WIB. Untuk rute sebaliknya, berangkat dari Gambir pukul 14.45 WIB dan sampai di Surabaya terjadwal pukul 01.02 WIB dini hari.

Untuk KA Tambahan Premium relasi Surabaya Gubeng-Malang akan dijalankan mulai tanggal 16 Juni sampai dengan 20 Juni. Tiketnya dibandrol dengan satu tarif sebesar Rp 35 ribu. KA Tambahan Premium diberangkatkan dari stasiun Surabaya Gubeng pukul 06.50 WIB. Sedangkan dari stasiun Malang berangkat pukul 10.07 WIB. "Dijalankannya dua tambahan KA tersebut merupakan antisispasi lonjakan penumpang arus balik," jelas Gatut.

Tiket KA tambahan ini bisa didapatkan melalui pemesanan dengan aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Selain itu, pada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, KAI mengantisipasi system down dengan memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket.

"PT KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA," tambah Gatut.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up