JawaPos Radar

Poltracking: Midji-Norsan Unggul di Pilgub Kalbar 2018

14/06/2018, 04:25 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Poltracking: Midji-Norsan Unggul di Pilgub Kalbar 2018
Calon Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei terbarunya terkait peta kekuatan elektoral calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Barat 2018. Hasilnya, elektabilitas pasangan Sutarmidji-Ria Norsan unggul dibanding pasangan lainnya yaitu Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot dan Milton Crosby-Boyman Harun.

Sutarmidji-Ria Norsan meraih 53,5 persen, disusul Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 32,3 persen dan Milton Crosby-Boyman Harun 5,4 persen. Sementara itu, sebanyak 8,8 persen responden tidak memberikan jawaban (undecided voters).

"Ada banyak variabel yang menyebabkan seorang kandidat beserta pasangannya dapat mengungguli pasangan yang lainnya. Kerja-kerja terstruktur, masif, dan sistematis yang dilakukan secara konsisten oleh pasangan kandidat, mesin relawan, partai, dan penampilan dalam debat publik menjadi faktor menentukan," ujar peneliti Poltracking Indonesia, Hendra Yasin dalam keterangannya, Rabu (13/6).

Selain soal elektabilitas, survei ini juga menjelaskan performa debat kedua cagub-cawagub Kalbar pada 5 Mei 2018. Sutarmidji-Ria Norsan unggul dalam tiga aspek mulai dari cara berkomunikasi (50 persen), penguasaan masalah (63,4 persen), dan program kerja (58,7 persen). Diikuti pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 31,5 persen untuk cara berkomunikasi, 20,4 persen terkait penguasaan masalah, dan 19,6 persen dalam konteks program kerja.

Sementara itu, pasangan Milton Crosby–Boyman Harun meraih 9,8 persen terkait cara berkomunikasi, 4,3 persen untuk penguasaan masalah, dan 8,7 persen dalam konteks program kerja.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up