JawaPos Radar

Pencarian Korban KM Arsita Berlanjut, Tim SAR Kerahkan Kekuatan Penuh

8 Penumpang Diketahui Masih Hilang

14/06/2018, 10:37 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Tim SAR Gabungan
Tim SAR gabungan persiapan proses pencarian korban lanjuta di pelabuhan Paotere Makassar, Kamis (14/6). (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Proses pencarian lanjutan korban tenggelamnya KM Arista di perairan Makassar pada Rabu (13/6) siang berlanjut. Sejak, Kamis (14/6) sekitar pukul 04.00 WITA, tim SAR gabungan telah melakukan berbagai persiapan teknis untuk melanjutkan proses pencarian hingga evakuasi korban lanjutan kapal kayu pengangkut ikan itu.

Pencarian lanjutan dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur TNI AL, Polaiurut Polda Sulsel, dan sejumlah elemen terkait. Kepala Basarnas Sulsel Amiruddin, melalui humasnya Cida kepada wartawan mengatakan, rencana pergerakan hari ini pencarian dilakukan dengan kapal utama. Tim bakal menyisir kawasan perairan Makassar.

"Hari ini kami mengerahkan seluruh kekuatan dan alut, seperti KN Antasena yang akan menyisir sejauh 9 km arah utara sesuai perhitungan sarmap. RB 303 yang memuat para diver yang akan menyelami lokasi kejadian," katanya, di sela-sela persiapan pencarian, di pelabuhan Paotere Makassar, Kamis (14/6).

Tim SAR Gabungan
Sejumlah petugas SAR gabungan tengah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pencarian korban KM Arsita. (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)

Pencarian lanjutan dilakukan, setelah tim gabungan kurang lebih 8 jam menyisir lokasi kejadian di kawasan perairan Makassar-Barrang Lompo, sejak Rabu (13/6) siang hingga malam. Dengan tim berkekuatan penuh ini, diharapakan mampu menemukan penumpang lain, yang menjadi korban dalam insiden nahas tersebut.

"Masing-masing kapal ini diikuti oleh satu perahu karet. Juga dibantu kapal dari AL dan Kapal KPLP," tambahnya.

Tim Basarnas Sulsel, mencatat total ada 43 penumpang di kapal Arista yang tenggelam di perairan Makassar. Sejak Rabu kemarin, 35 orang korban awal, berhasil dievakuasi. 13 dinyatakan meninggal dunia sementara 22 orang lainnya dinyatakan selamat. Hingga kini diketahui masih terdapat 8 orang lagi yang belum ditemukan.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up