JawaPos Radar | Iklan Jitu

Patroli Sepeda, Cara Unik Polisi Atur Lalin di Tol Palikanci

14 Juni 2018, 19:25:59 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Patroli Sepeda
PATROLI: Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengecek situasi arus kendaraan di ruas tol Palikanci kawasan rest area 207, Kamis, (14/6). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Petugas Kepolisian Resor Cirebon Kota mempunyai cara unik meninjau arus mudik di sekitar kawasan rest area 207 A Tol Palikanci, wilayah hukum Kota Cirebon.

Untuk mempermudah mengatur lalu lintas, mereka melakukan patroli tim urai dan keamanan menggunakan sepeda untuk berpatroli.

Patroli sepeda dianggap lebih efektif dan fleksibel untuk menyusuri celah jalan sempit lalu lintas kendaraan menuju rest area 207 A Palikanci. Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy mengatakan, kepadatan arus kendaraan terlihat di pintu masuk rest area, maupun untuk meninjau ketertiban di dalam rest area.

"Kepadatan arus kendaraan seperti ini tidak memungkinkan untuk memakai motor dan mobil beroperasi di kawasan tol 207 Palikanci. Untuk patroli di wilayah pos area, pakai sepeda lebih fleksibel mengecek keamanan di rest area," ungkapnya, Kamis (14/6).

Disebutkan, sedikitnya ada lima unit sepeda dan 10 petugas yang siap berpatroli menyusuri di kawasan area rest area 207 A. Selama arus mudik Lebaran 2018 ini, patroli sepeda dilakukan lima kali dalam sehari untuk memantau kemacetan dan keamanan di dalam rest area.

"Sepeda yang digunakan adalah sepeda khusus untuk patroli. Petugas patroli sepeda setiap harinya menyusuri pintu masuk rest area hingga mengecek situasi di dalamnya," ujar Roland.

Sementara petugas Pos Pam rest area 207 A, Bripda Darul Wahib mengatakan, beroperasi dengan sepeda cukup efektif daripada harus berjalan kaki atau menggunakan mobil.

"Kondisi rest area selalu penuh, dan agak susah kalau harus keluar masuk pintu masuk pakai kendaraan mobil. Lebih efektif pakai sepeda," pungkasnya.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up