JawaPos Radar

Malam H-1 Puncak Arus Mudik, 67.634 Kendaraan Melintas

14/06/2018, 04:08 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Padat Merayap
PADAT MERAYAP: Situasi arus lalu lintas di pintu masuk Gardu Tol Palimanan padat merayap pada malam H-1 Lebaran, Rabu (13/6). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Cikopo) dan jalur arteri Pantura Cirebon mengalami lonjakan pada Rabu (13/6) malam.

Diprediksi, kepadatan kendaraan di ruas Tol Cipali-Palikanci dan di ruas jalur arteri Pantura Cirebon pada Rabu (13/6) malam merupakan puncak dari arus mudik lebaran 2018.

Dari data yang dihimpun, hingga pukul 21.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintas di Gardu Tol Palimanan, tercatat 67.634 kendaraan. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mencapai 55.962 kendaraan. Sementara dari arah sebaliknya, tercatat 11.672 kendaraan.

Padat Merayap
SATU ARAH: Lonjakan kendaraan arus mudik, sistem satu arah di Tol Cipali diberlakukan, Rabu (13/6). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)

Wadir Lantas Polda Jabar, AKBP Risto Samodra mengatakan, untuk mengurai kendaraan di sepanjang ruas Tol Cipali, petugas kepolisian pun memberlakukan sistem satu arah sekitar pukul 17.30 WIB dari Subang hingga Brebes, dengan membuka 24 gardu tol ke arah Jawa Tengah.

"Sistem one way di jalur tol Cipali hingga Brebes ini terus dilakukan hingga arus lalu lintas sudah kembali normal. Diprediksikan malam ini arus puncak mudik 2018. Meski ada lonjakan, arus kendaraan masih dikendalikan," ujar Risto.

Sementara, kepadatan juga terjadi di jalur arteri Pantura Cirebon. Penumpukan terjadi di sejumlah titik rawan macet seperti Pasar Kue Weru-Plered, Pasar Minggu, dan di pintu keluar tol Ciperna menuju Jalan Kanggraksan Kota Cirebon dan ke arah Kuningan.

Kendaraan yang melintas di jalur Pantura di titik pantau Terminal Harjamukti, Kota Cirebon tercatat sekitar 300 kendaraan per menit menuju arah Jawa Tengah.

"Meski sempat terjadi penumpukan kendaraan, tak lama kemudian arus bisa dikendalikan, dan lalu lintas kembali ramai lancar," ujarnya.

Jumlah total kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang melintas di Jalur Pantura per pukul 21.00 WIB, dari Jakarta menuju arah Jawa sebanyak 154.254 kendaraan. Sementara dari arah sebaliknya, dari Jawa ke Jakarta tercatat 16.384 kendaraan.

"Secara umum untuk ruas tol wilayah hukum Cirebon masih ramai lancar, lonjakan arus kendaraan tidak begitu signifikan. Sedangkan di jalur pantura ada kenaikan untuk kendaraan roda dua," tutupnya.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up