JawaPos Radar

Lebaran, Wali Kota Solo: Jangan Sampai Ada Sampah di Jalanan

14/06/2018, 13:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Sampah
ILUSTRASI: Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mewanti-wanti kepada seluruh warga Solo untuk tetap menjaga kebersihan selama lebaran. Rudy tidak ingin ada warga yang membuang sampah sembarangan hingga berhamburan di jalanan. (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mewanti-wanti kepada seluruh warga Solo untuk tetap menjaga kebersihan selama lebaran. Rudy tidak ingin ada warga yang membuang sampah sembarangan hingga berhamburan di jalanan. 

Rudy begitu ia akrab disapa mengungkapkan, bahwa momen lebaran akan berdampak pada meningkatnya jumlah sampah di Kota Solo. Selain sampah rumah tangga, banyak juga sampah yang dari kawasan objek wisata.

"Peningkatan sampah pasti terjadi setiap lebaran dan ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Kalau dari kawasan wisata itu biasa bungkus makanan dan minuman," ungkapnya kepada JawaPos.com, Kamis (14/6). 

Lebaran
ILUSTRASI: Persoalan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan saja. Tetapi juga seluruh warga masyarakat. (Rofiah Derajat/JawaPos.com)

Selain sampah dari rumah tangga dan obyek wisata, Rudy menambahkan, peningkatan juga akan terjadi dari restoran maupun pasar tradisional. Meningkatnya jumlah kunjungan selama lebaran turut berdampak pula pada peningkatan volume sampah.

Dan persoalan sampah ini menurutnya bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan saja. Tetapi juga seluruh warga masyarakat. 

Untuk itu, Rudy mengimbau kepada seluruh warga untuk ikut menjaga kebersihan Kota Solo. Jangan sampai, hadirnya momen lebaran ini membuat sampah menumpuk hingga sampai ke jalan-jalan.

"Kalau sampai ada sampah yang membludak ke jalan-jalan, ini kan sangat memalukan. Makanya warga juga harus menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan," ucapnya. 

Sementara itu, untuk menjaga kebersihan Rudy sudah meminta agar petugas kebersihan di tingkat kelurahan tidak libur. Ini ditujukan agar sampah rumah tangga milik warga tidak menumpuk hingga berhari-hari.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up