JawaPos Radar

Jamaah An-Nadzir Lebaran Hari ini

14/06/2018, 10:21 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Salat Ied
Jamaah An-Nadzir melaksanakan salat Ied di Desa Mawang, Kabupaten Gowa, Sulsel, Kamis (14/6). (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Jamaah An-Nadzir di Desa Mawang Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan salat ied, Kamis (14/6).

Jamaah yang terdiri dari laki-laki, perempuan, remaja dan anak-anak tersebut melakukan salat ied di Masjid Baitul Muqaddis lokasi sekitar. Pelaksanaan salat Ied jamaah An-Nadzir diketahui mendahului pemerintah yang baru akan memantau hilal hari ini.

Tokoh An-Nadzir, Ustad Lukman A Bakti mengungkapkan, perhitungan hisab untuk penentuan salat Ied tersebut berdasarkan pengamatan perhitungan hisab dari gejala alam. Semisal pasang tinggi air laut pada Rabu (13/6) sekitar pukul 12.15 WITA.

Salat Ied
Meski melaksanakan Idulfitri lebih awal dibanding pemerintah hal itu bukanlah tidak menjadi soal. Sebab, beberapa tahun sebelumnya, hal serupa juga telah mereka lakukan. (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)

Dari hasil pengamatan, disimpulkan bahwa puasa terakhir jatuh pada Rabu (13/6). "Pengamatan itu ditandai dengan pasang tertinggi di laut, yang terjadi sebagai final pengamatan kami. Sehingga An-Nadzir disini kita sudah mulai menunaikan, dan An-Nadzir daerah-daerah lain juga sudah melaksanakan hari ini," jelas Ustaz Lukman usai pelaksanaan salat Ied.

Meski melaksanakan Idulfitri lebih awal dibanding pemerintah, lanjut Lukman, hal itu bukanlah tidak menjadi soal. Sebab, beberapa tahun sebelumnya, hal serupa juga telah dilakukan.

Hingga kini pemerintah belum menyepakati penetapan 1 Syawal 1439 Hijiriah jatuh hari dan tanggal berapa. Kementerian Agama masih akan melakukan sidang isbat untuk penentuan detil lebaran 2018.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up