JawaPos Radar

12 Pengendara Tewas di Jalur Mudik Sumbar

14/06/2018, 06:00 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kecelakaan Lalu Lintas
ILUSTRASI: Operasi Ketupat 2018 mencatat sebanyak 51 kejadian kecelakaan lalu lintas di jalur arus mudik Sumatera Barat (Sumbar) hingga H-2 lebaran. (Arya Dhitya/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com – Operasi Ketupat 2018 mencatat sebanyak 51 kejadian kecelakaan lalu lintas di jalur arus mudik Sumatera Barat (Sumbar) hingga H-2 lebaran.

Dari puluhan kejadian kecelakaan tersebut, menyebabkan 12 korban meninggal dunia, 6 orang luka berat dan 75 luka ringan. "Mayoritas kecelakaan melibatkan kendaraan roda dua," kata Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Singgamata kepada JawaPos.com, Rabu (13/6).

Dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, menurutnya terjadi penurunan angka kecelakaan. Dari sebelumnya, di 2017 tercatat 76 kasus dengan 19 korban meninggal dunia, 33 luka berat dan 111 luka ringan. "Kita pertahankan. Tahun ini harus menurun, bismillah," katanya.

Pihaknya menargetkan, jika angka kecelakaan dan korban meninggal dunia akibat laka lantas saat mudik lebaran turun hingga 20 persen. Pihaknya juga telah memerintahkan setiap Kasat Lantas di setiap wilayah untuk dapat mengambil langkah-langkah taktis agar mampu mencapai target.

"Pelanggaran lalu lintas khususnya yang berpotensi kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban harus ditindak. Semua bukan untuk polisi, tapi buat pengendara. Jangan ubah suka cita di Hari Raya Idulfitri menjadi duka cita, karena tidak tertib berlalulintas," pungkasnya.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up