alexametrics

Cara dan Upaya Inalum Kenalkan Aluminium ke Masyarakat

14 April 2019, 10:28:39 WIB

JawaPos.com – Pada saat perhelatan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-48 tahun 2019 lalu, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum ikut ambil bagian dalam memeriahkan even yang digelar setiap tahun itu. Inalum hadir dengan booth yang mengusung desain minimalis dengan warna putih.

Disana, Inalum menampilkan tiga produk akhir yang diproduksi langsung oleh Inalum yaitu, Aluminium Ingot, Aluminium Billet dan Aluminium Foundry Alloy. Juga dilengkapi penjelasan singkat mengenai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, Inalum juga memamerkan Miniatur Turbin PLTA Tangga serta barang-barang yang dihasilkan dari Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan Inalum.

Sekretaris Perusahaan Inalum, Ricky Gunawan menyampaikan bahwa, event PRSU 2019 merupakan sarana Inalum dalam mengenalkan kegunaan Aluminium dalam kehidupan sehari-hari. Serta apa saja kontribusi Inalum yang telah dilakukan untuk masyarakat sekitar dan Sumatera Utara.

“Lewat PRSU semoga masyarakat bisa lebih mengenal mengenai kegunaan Aluminium dalam kehidupan sehari-hari. Dan kontribusi Inalum terhadap UKM di sekitar Perusahaan sehingga mampu menghasilkan produk kreatif yang dapat dijual ke masyarakat,” ujar Ricky dalam keterangannya, Minggu (14/4).

Event yang digelar di Kompleks Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan itu, dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada hari Jumat tepatnya tanggal 8 Maret 2019. Selama 32 hari, PRSU 2019 juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian lokal dari Kabupaten/Kota; pertunjukan 18 artis ibukota; serta mengadakan lomba Booth PRSU terbaik tahun 2019.

Plt Direktur Pelaksana PT Inalum Oggy Achmad Kosasih saat hadiri pembukaan PRSU 2019. (Istimewa)

Oggy Achmad Kosasih selaku Plt. Direktur Pelaksana Inalum turut hadir dan berkeliling ke booth Inalum, Pemkab Batu Bara dan Pemkab Samosir didampingi oleh Sekretaris Perusahaan Inalum Ricky Gunawan serta Kepala Departemen CSR dan PKBL Inalum Susyam Widodo.

Sementara itu, Tutik Hartatik selaku salah satu Mahasiswi Universitas Negeri di Medan yang sempat hadir ke Booth Inalum mengatakan, kaum muda khususnya mahasiswa mempunyai peran yang sangat penting sebagai generasi penerus bangsa ke depannya.

Khususnya dalam hal memajukan industri Aluminium Indonesia. Hal itu menjadi alasan Tutik tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Aluminium di booth Inalum. Hadirnya booth Inalum sangat membantu para generasi muda untuk mengetahui dan mengenal Inlaum.

“Dengan adanya Booth Inalum, masyarakat khususnya mahasiswa lebih mengetahui tentang produk dari perusahaan Inalum. Dan penggunaan Aluminium dalam kehidupan sehari-hari, serta menambah wawasan para mahasiswa mengenai prospek kedepan perusahaan Inalum,” ujar Tutik yang berasal dari Pematang Siantar.

Hartatik dan beberapa temannya mengaku turut kagum dengan hasil produk UKM binaan Inalum. Mereka, bahkan memiliki keinginan untuk bergabung menjadi Pegawai Inalum yang saat ini telah menjadi Induk Holding Industri Pertambangan dan mengambil alih 51% saham PT Freeport Indonesia.

Senin (8/4) kemarin, PRSU 2019 resmi ditutup oleh Sekda Pemprov Sumut mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut. Berlangsung selama 32 hari, tercatat 265 ribu orang datang ke PRSU 2019 yang ke 48 Tahun. Jumlah transaksi mencapai Rp 57.5 miliar.

Editor : Budi Warsito



Close Ads