alexametrics

38 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Jakarta

14 April 2019, 14:02:36 WIB

JawaPos.com – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 tinggal menghitung hari. Polri-TNI pun siaga untuk menjaga agar pesta demokrasi rakyat terbesar sepanjang sejarah Republik Indonesia berlangsung lancar, aman, dan damai.

Di Jakarta sendiri, Polda Metro Jaya dibantu Kodam Jaya menerjunkan total 38 ribu personel untuk mengamankan Pemilu 2019. Jumlah tersebut terdiri dari 23 personel Polri kemudian 15 ribu personel TNI.

“Sejauh ini, Polda Metro Jaya belum meningkatkan status untuk daerah Jakarta. Sebab, kondisi di ibu kota terbilang aman,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, usai gelar apel patroli skala besar di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (14/4).

38 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Jakarta saat pemungutan suara. Issak Ramdhani/JawaPos.com

Menurutnya petugas hanya melaksanakan langkah-langkah antisipasi dengan meningkatkan kegiatan kepolisian. Semisal patroli gabungan antara TNI-Polri baik itu pada malam hari maupun pada siang hari yang terfokus pada tempat-tempat yang memiliki potensi kerawanan.

“Seperti pusat perbelanjaan, tempat-tempat yang di sana ada kelompok-kelompok rentan terjadinya konflik sosial, dan tempat-tempat lainnya yang memiliki potensi kerawanan,” jelas Gatot.

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono menjelaskan, 15 ribu personel yang diperbantukan untuk menjaga Pemilu 2019 yang meliputi wilayah DKI. Kemudian 3 kabupaten di wilayah Jawa Barat.

“Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Depok, dan di Banten itu ada Kota Tangerang, Kota Tanggerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Khusus untuk di Polda Metro Jaya, pihaknya juga memperbantukan personel ke Polda Banten.”Jadi Kodam Jaya ini meliputi ada dua Polda yang akan kami bantu,” kata Eko.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads