alexametrics

Ribuan Personel hingga Tim Elang Amankan Jalannya Apel Kebangsaan

14 Maret 2019, 19:51:20 WIB

JawaPos.com – Kurang lebih sekitar 1.300 personel dikerahkan guna mengamankan jalannya Apel Kebangsaan yang dihelat di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Kota Semarang, Minggu (14/3). Adapun tim Elang yang siap beroperasi memastikan kegiatan agar tetap bisa berjalan.

“Sesuai kesepakatan bersama, tim keamanan berasal dari gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang. Dengan rincian, sebanyak 800 personel keamanan dari Polri, 300 personel dari TNI dan sisanya dari Satpol PP serta Dishub Pemprov dan Pemkot,” kata Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha saat beraudiensi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (14/3).

Seluruh tim pengamanan yang jumlahnya ribuan itu nantinya akan bertugas di sejumlah titik. Sebagian mengamankan panggung utama dan tiga panggung pendukung. Sisanya di lokasi parkir dan bergerak dinamis di seputaran area kegiatan.

Ribuan Personel hingga Tim Elang Amankan Jalannya Apel Kebangsaan
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah, Achmad Rofai memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (11/3). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

“Di tenda utama dan VVIP kami juga siapkan tim khusus yang melakukan pengamanan secara tertutup dan terbuka. Di kantong-kantong parkir juga kami siapkan pasukan,” terangnya.

Tim pengamanan juga melakukan pengamanan khusus untuk memastikan para peserta Apel Kebangsaan selamat saat perjalanan baik menuju Semarang atau sebaliknya. Ada petugas pengawalan transportasi dari tiap kabupaten/kota. 

Tak berhenti sampai di situ. Jajaran Polrestabes Semarang sejak Senin lalu secara rutin menggelar operasi Cipta Kondisi Kondusif sejak Senin (11/3) lalu guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tujuannya untuk memastikan pada pelaksanaan nanti aman terkendali tanpa adanya gangguan dari pihak manapun. Kami juga di Polrestabes Semarang memiliki Tim Elang yang sampai Minggu dini hari besok akan selalu melakukan operasi,” tandasnya.

Kepala Kesbangpolinmas Provinsi Jateng, Achmad Rofai sementara itu berujar jika panitia pelaksana Apel Kebangsaan juga telah menyiapkan pasukan lain untuk menyukseskan acara tersebut, selain kepentingannya untuk keamanan. Di antaranya pasukan kebersihan sebanyak 600 personel, pasukan pengarah massa serta dukungan pasukan dari Damkar dan PDAM.

“Semua sudah kami persiapkan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan massa ratusan ribu, maka kami telah memikirkan secara matang kebutuhan-kebutuhan yang ada,” katanya.

Sedangkan, Gubernur Ganjar Pranowo menekankan pentingnya pasukan keamanan agar bisa bertugas secara profesional. Supaya tidak ada kejadian apapun yang dapat merusak tujuan acara yang dimaksudkan untuk mempersatukan seluruh elemen masyarakat.

“Saya harap semua datang dan pulang dengan aman. Kita tunjukkan bahwa Jawa Tengah damai dan masyarakatnya bersatu untuk merawat Keindonesian,” tegasnya.

Selain persoalan keamanan, Ganjar juga berpesan kepada penyelenggara untuk memikirkan hal-hal sedetail mungkin. Karena melibatkan ratusan ribu orang, maka persoalan kecil seperti kebersihan, akses sanitasi hingga lokasi beribadah harus diperhatikan.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana menggelar acara Apel Kebangsaan yang akan dihadiri berbagai elemen masyarakat sebagai wujud keberagaman Indonesia. Komponen yang dilibatkan, meliputi santri, pramuka, linmas, pekerja, petani, nelayan, pelajar, seniman, mahasiswa, pelajar, tokoh lintas agama hingga olahragawan dan kelompok difabel.

Kegiatan ini rencananya, menurut Rofai, akan dimula pukul 06.00 WIB dan dibagi ke dalam dua segmen. Pertama, Suara Kebangsaan dan segmen kedua Orasi serta Deklarasi Kebangsaan. 

Bakal ada empat panggung untuk acara ini dengan panggung utama di Lapangan Simpang Lima.  Lalu panggung di Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran dan Jalan Ahmad Yani. Sejumlah tokoh juga akan naik ke panggung untuk mengisi orasi. Mereka adalah sosok dengan komitmen dan perhatiannya pada pembangunan semangat nasionalisme dan kebangsaan

Para tokoh tersebut antara lain, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KH. Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi). 

Tak sekedar orasi, acara ini juga akan dimeriahkan pertunjukkan musik dari sejumlah musisi ternama. Sebut saja Slank, Letto, Armada, Virza, serta Nella Kharisma. Dan yang tak kalah heboh adalah host-nya, yaitu Vincent-Desta dan Cak Lontong. Selain itu juga ada paduan suara mahasiswa, paduan suara gereja, Tari Saman dari siswa SMA, sholawat Kanzus Habib Ali Zaenal Abidin, dan ada juga Tarian Barongsai.

Pada kegiatan itu, akan ada Deklarasi Kebangsaan yang rencananya dibacakan Gubernur Ganjar sebelum nantinya ditutup dengan menyerahkan simbol kebangsaan pada generasi muda diiringi lagi ‘Bagimu Negeri’. Sebagai wujud untuk meneruskan semangat nasionalisme pada anak muda dan menyampaikan pesan agar mereka turut merawat keberagaman Indonesia.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Copy Editor :

Ribuan Personel hingga Tim Elang Amankan Jalannya Apel Kebangsaan