alexametrics

Miris! 1.481 Warga Buta Huruf

14 Maret 2017, 06:52:46 WIB

JawaPos.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mencatat sebanyak 1.481 warga berusia lebih dari 15 tahun, masih buta huruf. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan 2016, 79 di antaranya berusia produktif yaitu 15 sampai 24 tahun. Mereka diketahui tidak mengenyam dunia pendidikan.

Kepala Disdikbud Johardi melalui sekretarisnya, Soni Sontani menyampaikan, dari 1.481 warga yang buta huruf, 1.138 adalah perempuan dan 343 laki-laki. Untuk angka buta huruf di usia produktif, yang tertinggi di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, yakni 24 orang. Kebanyakan dari mereka bekerja mencari ikan di laut atau mayang.

“Karena sudah bisa mencari uang, mereka malas untuk sekolah,” kata Soni didampingi Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal Henny Koeshendartien, saat ditemui di sela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) Tutor Keaksaraan dan Kesetaraan yang diselenggarakan di Gedung Eks Samsat, Komplek Balai Kota, Jalan Ki Gede Sebayu, Senin (13/3).

Henny memaparkan, selain faktor sudah bisa mencari uang, lingkungan juga berpengaruh. Disdikbud mengadakan bimtek untuk menambah wawasan para tutor, karena ilmu di bidang keaksaraan dan kesetaraan selalu ada yang baru. Menurut Henny, bimtek ini diselenggarakan selama empat hari hingga Kamis (16/3) mendatang.

Dua hari pertama, untuk 50 tutor keaksaraan, dan dua hari berikutnya untuk 50 tutor kesetaraan. Tutor-tutor tersebut disebar di 27 kelurahan untuk menangani warga yang masih buta huruf. “Tutor juga mendorong agar mereka bisa melanjutkan sekolah atau kejar paket,” jelasnya. Program kejar paket di Kota Tegal sendiri dibagi menjadi tiga.

Kejar Paket A untuk SD, B untuk SMP, dan C untuk SMA. Jumlah warga yang mengikuti kejar paket dikisar mencapai lebih dari 300 orang. “Dinas dan tutor mendatangi langsung rumah warga yang masih buta huruf, agar mereka bisa belajar membaca. Kami berharap, tahun ini bisa bebas buta aksara untuk usia produktif,” kata Soni yang sempat bertugas di Dinas Pariwisata dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). (nam/yuz/JPG)

Editor : Yusuf Asyari

Saksikan video menarik berikut ini:

Miris! 1.481 Warga Buta Huruf