alexametrics

Warga Batam, Sindikat Narkoba Jaringan Internasional Diciduk

14 Februari 2019, 19:05:48 WIB

JawaPos.com – Seorang warga Tiban, Kecamatan Sekupang, Batam yang merupakan bagian dari sindikat bandar narkoba diringkus personel Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kepulauan Riau (Kepri). Laki-laki berinisial AD, 30, itu ditangkap pada Selasa (12/2) lalu usai menjemput sabu asal Malaysia di perairan Batam yang menjadi wilayah perbatasan.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes S Erlangga mengatakan, penangkapan pelaku yang berinisial AD, 30, itu, dilakukan setelah petugas membuntutinya. Ia diringkus di kawasan pelabuhan. Dari tangan laki-laki berinisial AD, 30, didapati dua bungkus sabu dengan berat total sebanyak 2.021 gram.

“Pada Minggu (10/2) tersangka mengambil barang ini dari OPL (Out Port Limit). Kemudian dua hari setelahnya ia kembali, dan kita lakukan pembuntutan. Akhirnya berhasil diamankan di pinggir jalan,” kata Erlangga menjelaskan dalam ekspose yang digelar di Mapolda Kepri, Kamis (14/2).

Warga Batam, Sindikat Narkoba Jaringan Internasional Diciduk
AD, 30, warga Tiban, Kecamatan Sekupang, Batam yang diringkus polisi (Boni Bani/JawaPos.com)

Erlangga menjelaskan, temuan ini merupakan hasil pengembangan atas kasus sebelumnya. Dimana mereka yang tertangkap merupakan kurir yang menjadi kaki tangan AD. Termasuk kasus penyelundupan sabu melalui anus yang baru-baru ini digagalkan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Sementara itu, Dir Resnarkoba Polda Kepri, Kombes K Yani Sudarto menjelaskan, AD merupakan jaringan pengedar narkoba yang dikendalikan oleh orang yang ada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Selama ini, mereka berkolaborasi untuk menyuplai barang haram dari luar negeri ke sejumlah daerah di Indonesia melalui Batam.

“Jaringan mereka sudah tersebar di berbagai daerah, diantaranya Pekanbaru; Jakarta; Palembang; Lombok; dan beberapa daerah lain,” kata Yani.

Dari pengakuannya, ia telah melakukan aksi penyelundupan sebanyak empat kali. Dimana upah yang diterima bervariasi, menyesuaikan dengan jumlah barang yang ia bawa.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Bobi Bani

Copy Editor :

Warga Batam, Sindikat Narkoba Jaringan Internasional Diciduk