alexametrics

Wacana Tol Sepeda Motor di Medan, Wali Kota: Saya Belum Dengar

14 Februari 2019, 18:35:56 WIB

JawaPos.com – Pembangunan tol khusus sepeda motor di Kota Medan diwacanakan akan dilakukan pada Juni mendatang. Tol dalam kota itu memiliki panjang 11 kilometer.

Tol tersebut menyusuri jalur Sungai Deli dari kawasan Maimoon sampai ke Binjai. Wacana pembangunan tol khusus sepeda motor ini, muncul saat CEO PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk, Tito Sulistio selaku investor bertemu dengan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Namun, Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin mengaku dirinya belum mengetahui soal pembangunan tol khusus sepeda motor tersebut. “Saya belum dengar wacana itu,” ujar Eldin usai menghadiri pembagian paket sembako untuk masyarakat kurang mampu dari Kementerian Sosial di Lapangan Benteng, Kamis (14/2).

Dengan pernyataan Eldin tersebut, boleh jadi soal pembangunan tol tersebut masih dalam bentuk wacana yang akan di ajukan. Selain Kota Medan, tol khusus sepeda motor juga diwacanakan akan dibangun di Kota Bandung.

Wacana itu diamini oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Karena, tujuannya untuk mengurai kemacetan. Seperti diketahui, saat ini kemacetan di Kota Medan memang cukup memprihatinkan.

Ide membangun jalur tol untuk motor ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009. Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009 merevisi PP 15/2005 dengan ditambahkan satu ayat pada Pasal 38 soal ketentuan motor lewat jalan tol.

Adapun tambahan satu ayat tersebut menjelaskan peraturan soal bolehnya motor melintas jalan tol. Sebelumnya pada PP 15/2005 hanya ditulis ayat 1 yang menyebutkan jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Editor : Budi Warsito

Reporter : prayugo utomo

Copy Editor :

Wacana Tol Sepeda Motor di Medan, Wali Kota: Saya Belum Dengar