alexametrics

Temuan Jejak Kaki Resahkan Warga Pekanbaru

14 Februari 2019, 13:03:42 WIB

JawaPos.com – Warga di kawasan Jalan Muslimin, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau, diresahkan dengan temuan jejak kaki satwa liar dalam 2 hari terakhir. Jejak itu diduga berasal dari kaki harimau Sumatera.

Bhabinsa Ramil 05/Sail Kodim 0301/Pbr Pelda Yudha Batara mengaku mendapat informasi tersebut dari warga pada Selasa (12/2) lalu. “Temuannya lusa pagi hari. Ada banyak, mereka duga itu jejak kaki harimau,” ungkap Yudha kepada wartawan, Kamis (14/2).

Berdasarkan keterangan warga, mereka beberapa kali berjumpa dengan sosok Si Datuk. “Sudah lama nggak muncul, sekarang muncul lagi. Pernah katanya warga berjumpa malam dan siang. Itu jejaknya dijumpai di jalan yang sering warga lewati juga,” tuturnya.

Atas temuan itu, warga menjadi resah. Mereka khawatir keluar rumah saat malam hari. Bahkan ada papan imbauan yang dipasang agar warga berhati-hati.

Menindaklanjuti informasi ini, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung melakukan peninjauan ke lokasi. Ada beberapa anggota yang diturunkan untuk melakukan observasi terhadap jejak tersebut.

“Kami dengan masyarakat dan RT setempat. Dari hasil pemantauan kami di lapangan, itu merupakan jejak satwa tapir bukan harimau,” terang Kabid Wilayah II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro.

Sembari melakukan observasi, BBKSDA juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai satwa-satwa yang dilindungi. Jika menemukan adanya satwa liar dan dilindungi, warga diminta segera menghubungi petugas BBKSDA Riau atau aparat setempat.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Virda Elisya

Copy Editor :

Temuan Jejak Kaki Resahkan Warga Pekanbaru