alexametrics

Sudah Diresmikan, Jembatan Siak IV Belum Bisa Dilalui

14 Februari 2019, 15:40:14 WIB

JawaPos.com – Jembatan Siak IV sudah diresmikan oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Kamis (14/2). Di tengah guyuran hujan, acara tetap berlangsung dengan suka cita dan penuh semangat.

Alhamdulillah, Jembatan Siak IV ini telah kita resmikan dengan lancar. Meskipun cuaca tadi tidak bersahabat namun tetap dijalankan sesuai dengan jadwal yang kita rencanakan,” kata Wan Thamrin kepada wartawan.

Berbeda dari 3 jembatan sebelumnya yang sudah dibangun, untuk jembatan ini diberi nama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit). Yaitu, salah satu tokoh pendiri Kota Bertuah di tahun 1766-1982.

Nama itu disematkan untuk jembatan yang menghubungkan pusat kota Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman, dengan Kecamatan Rumbai, karena nantinya jalan layang ini diharapkan menjadi salah satu ikon ibu kota Provinsi Riau.

Peresmian jembatan yang memiliki panjang sekitar 800 meter dan tinggi 12 meter ini, ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita. Selain itu, juga diadakan acara adat istiadat setiap kali acara peresmian yang diadakan di bumi melayu, lancang kuning. 

Meski sudah diresmikan, namun jembatan ini belum bisa dilalui pengendara. Sebab, masih menunggu hasil uji beban yang dilakukan pada awal Februari lalu keluar. 

“Kami gak mau ambil risiko besar. Memang jembatan ini belum bisa dilalui masyarakat pada umumnya. Untuk menjaga keselamatan bersama, kita tunggu aja sertifikatnya keluar,” papar Wan.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Wali Kota Pekanbaru, Ketua DPRD Provinsi Riau, stakholder yang terkait, dan seluruh pejabat Pemerintah Provinsi Riau. Serta mantan Gubenur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Pengerjaan jembatan ini dimulai tahun 2009 dan akhirnya terhenti di tahun 2013. Saat itu, pembangunannya baru dilakukan di sisi kiri dan kanan Sungai Siak saja.

Dana yang dialokasikan untuk pembangunan jembatan ini sebesar Rp 56.528.000.000. Saat itu hanya pondasi di pinggir sungai saja yang sudah terbangun. Sedangkan bentang utama yang menghubungkan sisi kiri ke kanan jembatan belum terhubung. Setelah sempat mangkrak, akhirnya tahun 2017 akhir, tepatnya di bulan Desember, jembatan ini mulai dikerjakan kembali dan tuntas di awal 2019 ini.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Virda Elisya

Sudah Diresmikan, Jembatan Siak IV Belum Bisa Dilalui