JawaPos Radar

Puluhan Sopir Online Gelar Aksi Cat Badan

14/02/2018, 14:33 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Driver Online
Aksi sopir transportasi online di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Rabu (14/2). (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Puluhan sopir yang tergabung dalam Asosiasi Transportasi Online (ATO) menggeruduk Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Jalan Diponegoro, Kota Medan, Rabu (14/2). Dalam aksinya, beberapa massa tampak mengecat badan dengan tulisan 'Tolak Penerapan PM 108'.

Penerapaan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 tahun 2017 dianggap semakin membuat para sopir transportasi online merana. Apalagi dalam sosialisasi Permenhub, aparat terkait melakukannya dengan cara razia.

"Yang pasti kami menolak. Karena ini juga masih dalam proses uji materi. Artinya, belum berkekuatan hukum tetap. Namun kenapa di Sumut sudah diterapkan," ungkap koordinator aksi Julianus Sembiring.

Razia yang dilakukan aparat dirasa sangat mengganggu para sopir transportasi online. Razia yang dilakukan dianggap ilegal. "Razianya selama ini masih tetap sosialisasi. Tapi itupun terindikasi driver tidak nyaman. Kalau sosialisasi itu setelah berkekuatan hukum tetap," jelasnya.

Massa meminta sosialisasi permenhub harusnya dilakukan dengan cara menghubungi vendor transportasi online. Mereka berharap bisa diundang saat sosialisasi.

Sementara itu, Ketua ATO Lungun L Tobing mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan perlawanan jika tetap dirazia. ATO meminta agar Permenhub 108/2017 dicabut. "Segera keluarkan surat pembatalan untuk tidak menindak para driver," tandasnya.

Sementara itu, unjuk rasa mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up