Kunjungan Wisman Sudah Lampaui Target

14/02/2018, 16:18 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Plt Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Kelembagaan Kementrian Pariwisata Ahman Sya dalam pre-launching penerimaan mahasiswa baru di Poltekpar Palembang. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terus meningkat. Kini, tercatat sudah ada 274 juta wisman yang berkunjung. Angka tersebut melampaui target 265 juta wisman.

"Jumlah wisatawan ini diprediksi terus meningkat. Bahkan melebih negara lainnya seperti Malaysia, Singapura dan sebagainya," kata Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpan) Ahman Sya dalam pre-launching mahasiswa baru di Poltekpar, Kota Palembang, Rabu (14/2).

Belum lagi dengan wisatawan nusantara. Melonjaknya wisatawan harus diimbangi dengan peningkatan baik dari segi tempat wisata maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Sejauh ini, upaya yang dilakukan dalam membangun SDM melalui enam Poltekpar di Indonesia. Yakni, Poltekpar Bandung, Bali, Medan, Makassar, Lombok dan Palembang. "Kami melakukan perekrutan mahasiswa yang dikhususkan untuk sektor pariwisata," terang Ahman.

Tahun ini, penerimaan mahasiswa baru mencapai 7.500 orang untuk enam Poltekpar. Rinciannya, Poltekpar Bandung sebanyak 2.500 mahasiswa, dan Poltekpar Bali 2.500 mahasiswa.

Selanjutnya Poltekpar Medan 750 mahasiswa, Poltekpar Makassar 750 mahasiswa, Poltekpar Palembang 500 mahasiswa dan Poltekpar Lombok 500 mahasiswa. "Penerimaan mahasiswa baru ini dilakukan serentak di enam Poltekpar se-Indonesia," ujarnya.

Penerimaan mahasiswa baru nantinya menggunakan jalur online. Sehingga bagi calon mahasiswa yang ingin masuk Poltekpar Bandung tidak harus pergi ke Bandung. Begitu pula dengan Poltekpar di daerah lain.

Sementara untuk penerimaan mahasiswa baru Poltekpar Palembang, terdiri atas empat program studi (prodi). Tiga prodi di bawah manager hospitality atau pelayanan. Nantinya mahasiswa tiga prodi itu untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games.

Untuk tenaga pengajar, Poltekpar Palembang terus didukung seperti mendatangkan langsung tenaga pengajar dari Poltekpar Bandung. Meskipun begitu, ke depan bakal ada rekrutmen untuk tenaga pengajar. "Pak Gubernur Sumsel berjanji akan memberikan beasiswa kepada tenaga pengajar yang dinilai memang berkompeten," tutup Ahman.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi