JawaPos Radar

Gereja Santa Lidwina Bersolek, 3 Korban Membaik

14/02/2018, 14:31 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Ketua dari Gereja Katolik Santa Lidwina, Sukatno
Ketua dari Gereja Katolik Santa Lidwina, Sukatno (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Pengurus Gereja Katolik Santa Lidwina, Bedog, Trihanggo, Gamping, Sleman mengupayakan segala cara untuk menghilangkan trauma yang dialami oleh jemaat gereja paska penyerangan Suliono pada Minggu (11/2) lalu.

Sejumlah hal yang dilakukan yakni dengan perubahan dekorasi hingga cat dinding. Selain itu, mereka juga melakukan penambahan kamera pengawas atau CCTV di sejumlah lokasi demi keamanan jemaat.

Ketua Pengurus Gereja Katolik Santa Lidwina Sukatno mengatakan, pihaknya melakukan pemasangan setidaknya 8 CCT untuk keamanan. Tidak itu saja, dinding gereja juga dicat dan dilakukan penambahan tanaman untuk menghiasi kompleks gereja.

"Sekarang umat masih trauma, apapun akan kami lakukan untuk menghilangkannya. Ada yang kalau melihat Gereja itu (takut)," katanya ditemui di Gereja pada Rabu (14/2) siang.

Dikatakannya umat yang sedang beribadah merayakan Ekaristi pada Minggu (11/2) kisaran 300 orang. Banyak dari mereka merupakan anak-anak yang masih di bawah umur.

Mereka juga mendapatkan fasilitas trauma healing dari tim yang telah disediakan pihak Gereja. Pengobatan psikisnya secara teknis dilakukan di rumah masing-masing dengan menyesuaikan kebutuhan korbannya.

Di tempat terpisah, Anjar Sintosasih staf Humas dari RS Panti Rapih Yogyakarta mengatakan, 3 korban penyerangan gereja saat ini sudah berangsur membaik kondisinya. "Ketiganya sekarang sudah di ruang perawatan biasa. Untuk penjelasan lebih detail kami tidak bisa mengungkapkannya karena permintaan dari pihak keluarga," ucapnya.

Korban yang masih dirawat, diantaranya Romo Prieri, Budijono, dan Yohannes Trianto. Ketiganya mengalami luka paling banyak di bagian kepala karena sabetan katana oleh pelaku bernama Suliono, warga asal Banyuwangi, Jatim.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up