alexametrics

TNI AL Pilih Perusahaan Lokal Bikin KRI Rumah Sakit dan Rudal Cepat

Anggarkan Rp 844 Miliar untuk 2 KRI
14 Januari 2022, 19:48:31 WIB

JawaPos.com–PT PAL dan PT Lundin Industry Invest dipilih TNI AL sebagai pembuat 2 Kapal Republik Indonesia (KRI). Untuk membuat 2 kapal itu, TNI AL menganggarkan Rp 844 miliar.

Dua kapal itu baru diresmikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Jumat (14/1). Peresmian dilakukan di Dermaga Ujung Madura Koarmada II Surabaya.  Dua kapal itu adalah KRI dr Wahidin Sudirohusodo 991 dan KRI Golok 688.

Laksamana Yudo mengatakan, memilih perusahaan galangan kapal lokal karena kedua perusahaan tersebut sudah berpengalaman dan terpercaya. ”Anggaran untuk KRI dr Wahidin Sudirohusodo sebesar Rp 730 M. Sementara KRI Golok Rp 114 M,” kata Laksamana Yudo di atas KRI dr Wahidin Sudirohusodo.

Pemilihan perusahaan galangan lokal itu diakui Laksamana Yudo sebagai upaya untuk menyerap tenaga kerja lokal. Kebijakan pemerintah pusat untuk membangun KRI di galangan lokal.

”Sebelumnya PT PAL sudah membangun KRI 105 dan itu nggak kalah dari kapal tempur luar negeri. Hanya senjatanya saja (yang belum banyak). Jadi rudal mana yang mau dipasang tinggal pilih. Tapi dari kemampuan tempur dan lain sebagainya bisa (dibandingkan dengan luar negeri),” papar Yudo.

Ditanya rencana TNI AL untuk membuat KRI selanjutnya, Yudo mengatakan, TNI AL mengacu pada arahan Presiden Joko Widodo bahwa masing-masing Koarmada harus memiliki 1 KRI yang berfungsi sebagai RS.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads