alexametrics

Dispendik Jabar Sayangkan Kejadian Lingkaran Setan Pramuka

14 Januari 2022, 05:56:15 WIB

JawaPos.com–Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyayangkan kejadian yang diberi nama Lingkaran Setan dalam kegiatan ekstrakulikuler Pramuka di SMAN 1 Ciamis. Kegiatan itu membuat tiga siswa terluka dan menjalani perawatan di rumah sakit.

”Yang disayangkan memang kejadian tindakan kekerasan ini berdampak. Ada tiga orang yang masuk rumah sakit. Yang dua orang sudah keluar rumah sakit dan siap sekolah lagi. Sedangkan yang satu belum,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi seperti dilansir dari Antara di Bandung.

Kegiatan Pramuka berbalut perpeloncoan atau disertai tindakan kekerasan fisik dengan tema Lingkaran Setan dilakukan para pelajar SMAN 1 Ciamis, Jawa Barat, terungkap ke publik. Orang tua seorang korban melapor ke Polres Ciamis usai anaknya mengalami luka lebam setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Dedi, dugaan penganiyaan dalam kegiatan ekstrakulikuler tersebut terjadi saat korban mengikuti kegiatan paskat atau pasukan tongkat yang sedang melatih kemampuan baris berbaris menggunakan tongkat.

”Jadi terkait kejadian Pramuka di SMKN 1 Ciamis, kejadian itu di luar sekolah. Jadi sebetulnya itu kegiatan di luar instansi pendidikan dan tidak ada izin dari sekolah,” terang Dedi.

Dedi mengaku ada sejumlah langkah yang dilakukan untuk menyikapi kejadian itu. Yakni melakukan moratorium untuk kegiatan Pramuka di gugus depan SMAN 1 Ciamis.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads