alexametrics

Wali Kota Banjarmasin Minta Lurah Petakan Kawasan Rawan Banjir

14 Januari 2021, 06:25:35 WIB

JawaPos.com–Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina minta masyarakat yang kawasannya mengalami genangan untuk sabar dan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Terutama saluran-saluran drainase yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

”Jadi ini akibat intensitas hujan yang sangat lebat dalam beberapa hari terakhir, sehingga sungai tidak dapat menampung debit air,” ujar Ibnu Sina seperti dilansir dari Antara usai mengunjungi Kelurahan Karang Mekar dan Kelurahan Sungai Lulut yang terdampak banjir.

”Dengan adanya musibah ini saya minta masyarakat sabar, kemudian tetap mengusahakan agar saluran-saluran air tidak tersumbat,” ucap Ibnu Sina.

Kepada para lurah, wali kota memerintahkan untuk memetakan kawasan-kawasan yang menjadi langganan genangan tersebut. Diharapkan dengan pemetaan itu, dapat diketahui kawasan mana yang memerlukan rehabilitasi atau peninggian badan jalan.

”Saya imbau para lurah turun dan melihat kawasan atau daerah mana datarannya yang harus ditinggikan. Mudah-mudahan dengan melihat langsung, dapat menjadi masukan bagi penanganan selanjutnya,” ujar Ibnu Sina.

Ibnu Sina menyatakan, daerahnya belum menetapkan siaga bencana banjir. ”Status daerah kita hanya bencana non alam, yakni, Covid-19, tapi daerah kita tetap waspada karena sebagian daerah lain mengalami banjir,” tutur Ibnu Sina.

Menurut dia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin terus waspada memantau pergerakan air sungai, di mana Banjarmasin dinilai masih kondisi tidak mengkhawatirkan.

Dia menambahkan, genangan air di sejumlah daerah di Banjarmasin hanya genangan yang tidak lama, karena kondisi air sungai yang juga mengalami pasangan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Close Ads