alexametrics

Ridwan Kamil Nyatakan 7 Daerah Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

14 Januari 2021, 10:02:40 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, sebanyak tujuh daerah di Provinsi Jabar yakni Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada Kamis (14/1).

”Sesuai jadwal Kamis (14/1), Jabar akan mulai proses vaksinasi pertama. Tahap satu adalah di provinsi dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin.  Pak Wakil Gubernur, Pak Kapolda, dan tokoh masyarakat akan disuntik pertama kali kemudian di daerah-daerah ada tujuh yang sudah siap,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara di Bandung.

Ridwan Kamil menuturkan, alasan tujuh daerah tersebut yang didahulukan melaksanakan vaksinasi Covid-19 karena disesuaikan dengan daftar kiriman vaksin dari pemerintah pusat.

”Selang beberapa hari kemudian sisanya seluruh Jabar akan dimulai pada tahap kedua. Sebab akan dievaluasi dulu plus minusnya seperti apa, menjadi pelajaran bagi daerah lain,” terang Ridwan Kamil.

Dia mengatakan, khusus untuk Bekasi, pihaknya menyarankan penyuntikkan dilakukan pada Jumat (15/1) karena Kamis (14/1) baru dimulai pemeriksaan kesehatan untuk para kepala daerahnya.

”Jadi ada enam yang bergabung besok dengan provinsi, satu Kota Bekasi pada Jumat,” kata Ridwan Kamil.

Vaksinasi juga untuk sementara tidak diberikan kepada penyintas atau survivor Covid-19 sehingga sejumlah tokoh daerah di Jabar seperti Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung, Wali Kota Bogor, Wali Kota Depok, Bupati Bandung Barat tidak akan disuntik vaksin.

”Nah, biasanya pimpinan pemerintahnya antara wakil oleh sekda. Jadi Bandung akan oleh sekdanya kalau Depok oleh wakil wali kotanya,” papar Ridwan Kamil.

Dia mengatakan, Pemprov Jabar sudah menerima kurang lebih 97.080 vaksin Covid-19 buatan Sinovac, Tiongkok, yang sudah dibagikan ke tujuh daerah tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Close Ads