alexametrics

Tilang Elektronik Diberlakukan, Satlantas Klaten Surati 240 Pelanggar

14 Januari 2019, 19:59:42 WIB

JawaPos.com – Satlantas Polres Klaten sudah melayangkan surat kepada 240 pelanggar lalu lintas sejak diterapkannya tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada 21 Desember 2018 lalu. Dari jumlah tersebut, 89 persen diantaranya melakukan konfirmasi ke Satlantas, dan 20 diantaranya diberikan bukti pelanggaran (tilang). 

“Sampai tanggal 21 Januari nanti kami masih memberikan toleransi, karena masih tahap sosialisasi. Tetapi setelah itu, tidak ada lagi toleransi,” ungkap Kasatlantas Polres Klaten, AKP Adhitiyawarman Gautama Putra kepada JawaPos.com, Senin (14/1).

Kasatlantas menambahkan, konfirmasi diperlukan oleh pemilik kendaraan sesuai dengan data pelat nomor kendaraan. Hal ini guna memastikan apakah pelanggar tersebut benar ataukah tidak. Tetapi, jika pemilik kendaraan sesuai alamat tidak memberikan konfirmasi maka Satlantas akan melakukan pemblokiran.

“Kalau sudah diblokir tidak bisa pajak, jadi harus membayar tilang untuk membuka blokirannya. Setelah itu baru bisa pajak,” ucapnya. Sejak penerapan tilang elektronik ini, Adhitiyawarman menilai ada peningkatan perilaku pengguna jalan. Mereka mulai tertib berlalu lintas, menggunakan helm berstandar nasional, tidak melanggar marka. 

Rencananya, pemasangan kamera CCTV untuk mendukung penerapan tilang elektronik ini akan terus ditingkatkan. Tidak hanya menyasar jalan raya atau jalan Solo-Jogja saja. Tetapi sampai ke jalan alternatif atau jalan kecil.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi menegaskan, bahwa penerapan tilang elektronik ini tidak untuk menyengsarakan masyarakat. Melainkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas. 

“Apalagi tahun ini adalah tahun keselamatan berlalu lintas. Jadi kami mengajak masyarakat agar tertib berkendara,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo



Close Ads
Tilang Elektronik Diberlakukan, Satlantas Klaten Surati 240 Pelanggar