alexametrics
JawaPos Radar | Iklan Jitu

Rekayasa Lalu Lintas Proyek Underpass Kentungan Ditunda

14 Januari 2019, 16:51:24 WIB
Proyek Underpass Kentungan
INFRASTRUKTUR: Pengerjaan underpass Kentungan, pada Senin (14/1). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rekayasa lalu lintas untuk proyek underpass Kentungan di ring road utara Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) yang dijadwalkan dimulai Senin (14/1) diundur. Pengunduran jadwal tersebut lantaran alasan teknis yang belum terselesaikan.

"Hanya beberapa permasalahan teknis saja, supaya nyaman saja nanti jalannya," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Kentungan Satker PJN DIJ Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sidik Hidayat, saat dihubungi Senin (14/1).

Targetnya penutupan jalan maupun rekayasa lalu lintas untuk proyek ini baru akan dimulai pada Rabu (16/1) mendatang. Nantinya akan bersifat dinamis, secara berkala dievaluasi. "Rekayasa lalu lintas nanti sifatnya dinamis. Setiap 2 minggu akan dievaluasi, kalau memang memerlukan perubahan akan dilakukan," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu menghabiskan dana sekitar Rp 126 miliar. Difungsikan untuk mengurangi kepadatan kendaraan di sekitarnya.

Jalur underpass itu nantinya memiliki panjang 540 meter. Sedangkan panjang tertutup (tengah underpass) sepanjang 180 meter. Digunakan untuk 2 jalur dengan 4 lajur. Selama pengerjaan proyek ini, nanti akan ada penutupan jalan. Namun tidak 100 persen, dan tetap bisa dilewati oleh kendaraan.

Wadirlantas Polda DIJ, AKBP P. Yugonarko mengatakan, akan ada akses jalan selebar 3 meter yang kemungkinan berasal di sisi utara maupun selatan. "Ini nanti bisa digunakan untuk mobil kecil, sedangkan truk atau bus dialihkan," ucapnya.

Kendaraan besar dari arah Solo ke Magelang nantinya akan diarahkan melewati jalur Cangkringan-Tempel. Kemudian untuk Solo ke Kulon Progo dialihkan ke ring road selatan

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Ridho Hidayat

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini