alexametrics

Polres Klaten Terapkan Tilang Elektronik, Melanggar Siap-siap Diblokir

14 Januari 2019, 16:40:51 WIB

JawaPos.com – Satlantas Polres Klaten mulai menerapkan sistem tilang elektronik atau electronik traffic law enforcement (ETLE). Untuk saat ini Satlantas Polres Klaten sudah mulai memasang 10 kamera CCTV di sejumlah titik di jalan raya Solo-Jogjakarta. Rencananya, pemasangan CCTV akan terus ditambah bahkan sampai ke jalur alternatif dan jalan kecil. 

“Untuk operasional sudah dilakukan mulai 21 Desember 2018 lalu. Tetapi, kami masih memberikan toleransi karena masih dalam tahap sosialisasi sampai 21 Januari mendatang,” urai Kasatlantas Polres Klaten, AKP Adhitiyawarman Gautama Putra kepada JawaPos.com, Senin (14/1).

Kasatlantas juga menyampaikan, dengan sistem ini maka petugas akan melakukan pengawasan pengguna kendaraan melalui kamera CCTV yang sudah dipasang. Pengawasan dilakukan oleh tim dari ruangan CCTV yang ada di Mapolres.

Kemudian, jika diketahui ada pengguna kendaraan yang melakukan pelanggaran. Misalkan tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu, melanggar marka maka dilakukan pemotretan melalui kamera yang sudah terpasang. “Mekanisme penilangan, kalau ada yang melanggar nanti akan diperbesar gambarnya. Baik itu orangnya maupun pelat nomor kendaraannya,” imbuhnya. 

Selanjutnya, masih kata Adhitiyawarman, petugas akan mengirimkan surat konfirmasi kepada pelanggar sesuai dengan data kendaraan yang digunakan. Pelanggar diberikan kesempatan selama empat hari untuk melakukan konfirmasi kepada petugas.

Konfirmasi ini ditujukan bahwa kendaraan yang digunakan tersebut sesuai dengan data yang ada. “Tetapi jika dalam waktu empat hari pemilik tidak juga melakukan konfirmasi, maka kami akan melakukan pemblokiran kendaraan. Dengan begitu pemilik tidak bisa melakukan pajak kendaraan sebelum membayar denda ETLE tadi,” ucapnya. 

Untuk saat ini, sudah ada 10 titik yang dipasang kamera CCTV. Diantaranya dua CCTV di Pos Karang, dua di Masjid Agung Al Aqsa, dua di Prambanan, dua di simpang empat BAT, satu di pasar Srago dan satu lagi simpang empat RSI. “Nanti jumlahnya CCTV akan terus kami tambahkan,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo



Close Ads
Polres Klaten Terapkan Tilang Elektronik, Melanggar Siap-siap Diblokir