alexametrics

Pemeriksaan Menyeluruh Dilakukan Terhadap Pesawat Kargo Asal Ethiopia

14 Januari 2019, 17:15:23 WIB

JawaPos.com – Pesawat Ethiopia Airlines dengan tipe Boeing B.777F/ET-AVN yang dipaksa turun dan mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, ternyata merupakan sebuah pesawat kargo. Meskipun demikian, sesuai prosedur seluruh manifest pesawat tetap akan menjalani pemeriksaan.

Hal itu disampaikan, Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso ketika dihubungi, Senin (14/1). “Secara menyeluruh, mulai dari pesawat; crew; dan muatan wajib di periksa,” kata Suwarso.

Terkait dengan proses pemeriksaan sendiri, Suwarso mengaku tidak mengetahui secara pasti detil proses yang akan dilakukan. Informasi perihal apa muatan yang ada dalam pesawat tersebut, juga belum didapatnya.

“TNI- AU yang Melakukan pemeriksaan, untuk informasi hasilnya belum ada,” kata Suwarso lagi.

Pesawat tujuan Hongkong ini dipaksa mendarat, dikarenakan masuki wilayah udara Indonesia tanpa memiliki Flight Clearens Indonesia dari pihak keamanan udara Indonesia.

Suwarso menjelaskan, untuk batas ketinggian sendiri, pesawat jenis Boeing 777 tersebut diberikan kewenangan sampai batas ketinggian maksimal. Pesawat tersebut boleh terbang di ketinggian di 38 ribu feet atau lebih.

“Kalau pelanggaran ketinggian enggak, cuma batas wilayah RI, itu yang jadi pelanggarannya,” kata Suwarso lagi.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Bobi Bani



Close Ads
Pemeriksaan Menyeluruh Dilakukan Terhadap Pesawat Kargo Asal Ethiopia