alexametrics

Macet, Jalan Terusan Jakarta Bandung Dilakukan Rekayasa Lalin

14 Januari 2019, 13:07:55 WIB

JawaPos.com – Rekayasa lalu lintas dilakukan di Jalan Terusan Jakarta dan Antapani Bandung, Senin (14/1) pagi. Pengendalikan lalu lintas ini diawali dengan peninjauan di tiga titik sepanjang Jalan Terusan Jakarta.

Wakil Wali Kota Bandung Yaya Mulyana didampingi Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi melakukan peninjauan secara langsung di tiga titik Jalan Terusan Jakarta, Bandung.

Titik yang diuji cobakan diantaranya di Jalan Jakarta Golf Barat (Arcamanik) mulai dibuat satu arah. Kemudian dari Jalan Arcamanik Endah ke Jalan Jakarta, tepat di Puri Dago akan dibelokkan menuju jalan besar.

Macet, Jalan Terusan Jakarta Bandung Dilakukan Rekayasa Lalin
Sebagai upaya mengurai lalu lintas dilakukan rekayasa (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Titik selanjutnya yakni menutup persimpangan Jalan Jakarta-Purwakarta, yang dialihkan memutar di Jalan Subang. Selain itu penutupan juga akan dilakukan di Persimpangan Jalan Sulaksana (Borma Antapani). Terakhir, di ujung Flyover Antapani atau Jembatan Pelangi akan diberi barrier agar kendaraan tertib.

“Jadi hari ini ada beberapa titik dilakukan rekayasan lalu lintas tapi di luar Jalan Jakarta sampai Jalan Golf Barat. Titik dari Flyover Antapani, Babakan Surabaya, Jalan Sulaksana dan Puri Dago,” kata Yana Mulyana di Jalan Terusan Jakarta, Bandung, Senin (14/1).

Menurutnya uji coba rekayasa tersebut sudah dilakukan kajian terlebih dahulu oleh Polda Jawa Barat, Dishub Bandung dan Polrestabes Bandung, PU, dan stakeholder lainnya. Pasalnya dengan rekayasa diharapkan bisa mengurangi kemacetan di jalur tersebut.

“Saya lupa berapa persennya (kurangi kemacetan), tapi ada titik merah itu bergeser. Tadinya titiknya ada empat sekarang jadi hanya satu. Saya pikir lebih baik kita lakukan upaya itu dibandingkan tidak, agar mengurai kemacetan ini,” ujarnya.

Dalam pantauan JawaPos.com, sepanjang Jalan Terusan Jakarta Bandung ini memang kerap terjadi kemacetan parah. Bahkan ketika diuji coba rekayasa lalu lintas pun masih terpantau sangat padat dan didominasi oleh kendaraan roda dua.

Selain di Jalan Terusan Jakarta, akan dilakukan uji coba rekayasa di Jalan Sukajadi mulai Kamis, 17 Januari. Yakni di Persimpangan Jalan Sukajadi-Karang Tineung-Sinarmanah/Cemara yang semula ditutup di tengahnya akan dibuka kembali.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah



Close Ads
Macet, Jalan Terusan Jakarta Bandung Dilakukan Rekayasa Lalin