alexametrics

Dituding Lakukan Diskriminasi, Begini Tanggapan Dinas Lingkungan Hidup

14 Januari 2019, 21:47:52 WIB

JawaPos.com – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta angkat suara atas adanya pengaduan sejumlah petugas kebersihan ke pengacata kondang Hotman Paris. Kebijakan itu dinilai sudah sesuai dengan masukan dari berbagai pihak.

Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Djafar Muchlisin menjelaskan semua medan pekerjaan sudah disesuaikan dengan kemampuan. Bahkan Surat Keputusan yang mengatur mengenai batasan usia pekerja harian lepas (PHL) sudah dikoordinasikan dengan berbagai pihak.

“Dari medan tugasnya juga berbeda. Jadi, kebijakan Kepala Dinas itukan melihat kerjanya di UPK Badan Air sama kerjaan petugas kebersihan itu kan berbeda ya. Jadi, memang diperlukan adanya badan yang fit sehingga dibedakanlah antara usianya,” jelas Djafar di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (14/1).

Djafar melihat pekerjaan petugas kebersihan nyatanya lebih berat dibandingkan petugas UPK Badan Air. Sehingga, dibutuhkan fisik yang prima untuk bekerja bahkan harus berpindah-pindah tempat.

“Iya kalau di jalan itu yang pertama memang debu ya, kemudian juga panas matahari, kemudian dia harus juga mobile kan, tempatnya bukan hanya tempat tertentu,” tutur Djafar.

“Badan Air kan memang hanya di lokasi-lokasi tertentu saja dia. Kemudian juga kalau di air kan orang akan menjadi segar terus, fresh,” imbuhnya

Menurutnya aturan yang telah dibuat tidak ada yang menegaskan perbedaan batas umur dan diskriminasi karena berlaku secara umum. “Kalau kita diskriminasi kan kami pilih ya, ini nggak dan berdasarkan persyaratan itulah siapa pun yang mendaftarkan diri harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Nggak ada diskriminasi,” tegasnya.

Sebelumnya, para pekerja merasa diskriminasi dalam SK Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tentang batasan usia pegawai kebersihan yang dibatasi hanya sampai 55 tahun saja, sedangkan pegawai honorer Unit Pengelola Kawasan (UPK) boleh berusia di atas 55 tahun.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Dituding Lakukan Diskriminasi, Begini Tanggapan Dinas Lingkungan Hidup