alexametrics

25 Bangunan di Kota Malang Masuk Nominasi Cagar Budaya

14 Januari 2019, 16:23:34 WIB

JawaPos.com- 32 bangunan di Kota Malang telah ditetapkan sebagai cagar budaya atau heritage tahun lalu. Tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang akan kembali mendata beberapa bangunan. Setidaknya ada 25 bangunan lagi yang akan disusulkan masuk kategori heritage.

Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, untuk tahap awal memang baru 32 bangunan yang dijadikan cagar budaya. Selanjutnya, pihaknya juga akan kembali menetapkan beberapa bangunan cagar budaya sesuai hasil kajian dari tim ahli cagar budaya yang ada saat ini.

“Jadi ini tahap pertama, tahun ini akan ada lagi. Perkiraan ada sekitar 25an yang diusulkan,” ujarnya, Senin (14/1).

Dia menyampaikan, 25 calon cagar budaya tersebut terdiri dari bermacam jenis. Mulai dari bangunan, struktur, situs, dan benda.

Perempuan yang akrab disapa Ida itu menambahkan, sebenarnya ada sekitar 216 kategori yang masuk dalam daftar cagar budaya. Namun kebanyakan berupa arca. “Kebanyakan yang tersimpan di museum Mpu Purwa itu kan berupa arca, Arca itu tidak kami tetapkan (sebagai cagar budaya), tapi sudah kami registrasi ke kementrian. Mulai sekarang sudah kami analisis,” jelasnya.

Saat ini pihaknya telah mempunyai tim ahli cagar budaya yang bertugas untuk meneliti apakah bangunan atau sruktur itu masuk ke dalam daftar. “Karena kami sekarang sudah punya tim ahli cagar budaya. Maka kami yang menetapkan sesuai dengan UU Cagar Budaya,” imbuhnya.

Sementara itu Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan, dari 32 bangunan yang sudah ditetapkan, dirinya yakin jumlahnya akan bertambah. “Semua yang ada di wilayah kota harus kami pertahankan dan Insya Allah akan dilakukan inventarisasi lagi dengan penggalian secara bertahap. Saya yakin akan bertambah,” ucapnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung



Close Ads
25 Bangunan di Kota Malang Masuk Nominasi Cagar Budaya