JawaPos Radar

Untuk Mendorong Pariwisata, Sumbar Siap Hidupkan Olahraga Tradisional

14/01/2018, 21:25 WIB | Editor: Budi Warsito
Untuk Mendorong Pariwisata, Sumbar Siap Hidupkan Olahraga Tradisional
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit didampingi Ketua Formi Pusat Hayono Isman menyaksikan Ketua Formi Sumbar Aristo Munandar menandatangani SK kepengurusan, Minggu (14/1) (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tengah menyempurnakan lokasi objek wisata dengan berbagai jenis permainan.
Menghadirkan olahraga rekreasi dan tradisional pun diyakini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk menunjang pariwisata Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, pariwisata tidak lantas laku dengan segenap permainan modern. Tetapi, apabila dibungkus dengan kegiatan olahraga tradisional rekreasi seperti sepak raga, pacu itiak (bebek), pertunjukan silat, dan masih banyak lagi olahraga tradisional yang dimiliki masyarakat Minangkabau akan menarik perhatian para wisatawan.

"Saya yakin sekali, menghidupkan kegiatan olahraga tradisional ini akan menambah minat wisatawan untuk berkunjung ke Sumbar," kata Nasrul Abit usai menghadiri pelantikan pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Sumbar di kawasan GOR Agus Salam Padang, Minggu (14/1).

Nasrul berharap, keberadaan Formi mampu menghidupkan kembali berbagai olahraga tradisional yang kian pudar di tengah kehidupan masyarakat. "Pemerintah siap mendukung gerakan Formi," ujar Nasrul.

Sementara itu, Ketua Formi Pusat Hayono Isman mengakui, olahraga rekreasi dan tradisional sangat erat kaitannya dengan pariwisata. "Selain menyehatkan tubuh, olahraga ini bisa menjadi tontonan yang dapat menggaet wisatawan. Kita tengah giat-giatnya menghidupkan kembali olahraga rekreasi dan tradisional ini,"paparnya.

Ia mengungkapkan, saat ini sudah ada 34 kepengurusan Formi provinsi di Indonesia. "Kita berharap bisa dikembangkan hingga ke kabupaten dan kota," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Formi Sumbar Aristo Munandar mengatakan, pihaknya siap memajukan olahraga rekreasi dan tradisional di Sumbar. Untuk itu, dalam tahap awal, pihaknya akan melakukan konsolidasi organisasi ke dalam. Pihaknya juga akan membuat program-program memajukan olahraga tradisional ini.

"Program awal kita adalah konsolidasi organisasi. Kita akan berupaya membentuk Formi kabupaten/kota di Sumbar. Setelah itu, kita akan merancang program untuk menghidupkan kembali olahraga rekreasi dan tradisional di Sumbar. Misalnya dengan mengadakan even berkala dan lainnya," ujar anggota DPRD Sumbar itu.

Menurut mantan Bupati Agam itu, keberadaan Formi telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005. Dimana Formi sebagai Induk Organisasi Olahraga adalah satu-satunya wadah berhimpun dari organisasi-organisasi olahraga rekreasi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, baik secara nasional maupun di daerah.

Mereka pun siap menjadi mitra strategis pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam kerangka mendorong dan menggerakkan pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi di seluruh Indonesia.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up