alexametrics

Kades Ini Didakwa Serobot Tanah PTPN XII Seluas 173 Hektare

13 Desember 2017, 22:25:13 WIB

JawaPos.com – Kasus dugaan penyerobotan tanah milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII mulai masuk persidangan. Terdakwa adalah Ari Ismanto, Kepala Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Persidangan berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen.

Sidang perdana, agendanya adalah pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ari didakwa menduduki, menguasai, mengerjakan, dan menyewakan tanah milik PTPN XII. Luasnya mencapai sekitar 173,03 hektare. Lahan tersebut digunakan secara sepihak oleh warga untuk ditanami tebu, ketela pohon dan sebagainya.

Padahal dalam pemanfaatan lahan Perkebunan Pancursari, seharusnya ada perjanjian kerjasama terlebih dahulu dengan PTPN XII. “Terdakwa telah menguasai, menduduki, dan mengerjakan lahan perkebunan Pancursari dengan tanpa izin. Tidak menyampaikan uang sewa lahan ke pemilik lahan perkebunan,” kata JPU Juni Ratnasari saat membacakan dakwaan, Rabu (13/12).

Menanggapi hal itu, penasihat hukum terdakwa, Agus Syafii menyatakan bahwa dakwaan yang dibacakan JPU kurang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Kliennya telah membayar sewa lahan Perkebunan Pancursari ke PTPN XII. Bahkan, pembayaran sewa lahan selalu disertai bukti kwitansi pembayaran uang sewa.

Untuk itu, kuasa hukum akan menyusun pembelaan terhadap Ari. “Kami akan lihat dan pelajari dakwaan JPU. Mana yang benar dan mana yang tidak benar. Akan kami pilah nantinya untuk dicocokkan dengan bukti-bukti di lapangan,” kata Agus.

Selanjutnya, Ketua Majelis Hakim PN Saut Maruli Tua Pasaribu menunda persidangan hingga 18 Desember 2017. Agendanya adalah pembacaan tanggapan atas dakwaan JPU.

Editor : admin

Reporter : (tik/JPC)



Close Ads
Kades Ini Didakwa Serobot Tanah PTPN XII Seluas 173 Hektare