alexametrics

Viral Video Pembakaran Ijazah, UGM: Kami Prihatin

13 November 2018, 19:55:14 WIB

JawaPos.com – Kasus dugaan pelecehan seksual yang menimpa mahasiswi Fisipol UGM Yogyakarta terus bergulir bak bola salju. Lantaran kecewa dengan penanganan kasus pelecehan seksual tersebut, diduga seorang alumni UGM membakar ijazahnya.

Video pembakaran ijazah tersebut pun marak beredar di media sosial. Terkait pembakaran ijazah tersebut, pihak kampus merasa sangat prihatin. “Kalau boleh saya menyampaikan, prihatin sedalam-dalamnya. Ini sebenarnya mungkin hanya kesalahpahaman, bukan berarti UGM menutup-nutupi. Kami berproses,” kata Iva Ariani, Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Selasa (13/11).

Pihaknya juga akan melakukan pengecekan apakah memang benar orang yang membakar itu merupakan alumni dan ijazah dari UGM. Karena bisa jadi video tersebut hoax. “Kami akan cek juga, akan menghubungi direktorat alumni nanti. Apakah benar alumni dan ijazah UGM, akan dikonfirmasi,” tuturnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Yogyakarta, Iva Ariani
Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Yogyakarta, Iva Ariani (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Terlepas dari itu, pihaknya menegaskan kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh mahasisa Fakultas Teknik tersebut masih berproses. Apapun hasil rekomendasi dari tim etik yang dibentuk, akan dilakukan.

“Kami membentuk tim etik, membentuk unit layanan crisis center. Menyiapkan itu supaya tidak ada lagi kasus yang sama terulang. Konsentrasi kami sekarang itu,” katanya.

Ia juga menegaskan, pihak UGM berpihak pada penyintas. Hasil rekomendasi dari tim etik, diharap bisa memberikan keputusan yang seadil-adilnya. Video pembakaran ijazah itu atas nama Arfiantriono Hartoadi. Beredar pada Selasa (13/11) di berbagai WhatsApp grup.

Sebelumnya, mahasiswa teknik UGM, HS diduga melakukan tindak pelecehan seksual terhadap rekannya saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Seram, Provinsi Maluku pada 2017 silam. Kasus itu kembali mencuat beberapa waktu belakangan. Korban pun yang diketahui dari mahasiswi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) saat ini masih mendapatkan pendampingan psikologi.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Viral Video Pembakaran Ijazah, UGM: Kami Prihatin