alexametrics

TMMD di Pacitan Berhasil Buka Akses Wisata

13 November 2018, 19:27:37 WIB

JawaPos.com- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun ini dipusatkan di Kalimantan Timur. TMMD dilaksanakan serentak di 50 desa dan 50 kota serta kabupaten di seluruh Indonesia.

Hasilnya, TMMD berhasil membuka jalan baru 52 km. Peningkatan badan jalan sepanjang 326 km, renovasi jembatan, rumah ibadah, sekolah, rumah tidak layak huni dan sanitasi.

Sementara itu di Jawa Timur TMMD salah satunya dilaksanakan di Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, resmi ditutup Selasa (13/11). Penutupan dilakukan oleh Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI Widyargo Ikoputra, dengan upacara militer.

Sementara itu, Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang selaku penanggung jawab TMMD, menjelaskan, kegiatan ini telah berhasil membuka akses jalan.

Akses jalan ini menuju lokasi wisata Pantai Pangasan, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung. Kemudian, juga berhasil membuat jalan dengan lebar 84 meter dan panjang 300 meter.

Kemudian, juga membangun tanggul di desa itu, merenovasi masjid serta membangun gapura.

“Kami juga merenovasi rumah tidak layak huni,” katanya saat upacara penutupan.

Dia menambahkan, TMMD ke 103 yang dilaksanakan tahun 2018 ini bertujuan untuk menciptakan desa yang sejahtera dan demokratis.

“Kami membantu desa membangun infrastruktur. Tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, upacara penutupan diikuti 500 personel dari seluruh jajaran instansi militer, kepolisian, Pemda Pacitan, perangkat desa, mahasiswa, organisasi masyarakat dan pelajar.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (tik/JPC)



Close Ads
TMMD di Pacitan Berhasil Buka Akses Wisata