JawaPos Radar

Pemkot Ini Pastikan Kesetaraan Warga Penyandang Disabilitas

13/11/2017, 20:08 WIB | Editor: Suryo Eko Prasetyo
Triyono dan Puji Santosa, pendiri Difa City Tour and Transport
ILUSTRASI: Triyono (kiri) dan Puji Santosa, pendiri Difa City Tour and Transport. Ojeknya kini tidak hanya digemari para difabel, tapi juga para turis asing. (Sekaring Ratri/Jawa Pos/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Semua masyarakat berhak untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam berjuang meraih hidup yang layak. Termasuk para penyandang disabilitas yang tinggal di Kota Semarang.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi seusai menyaksikan pemberian bantuan kaki palsu oleh Paguyuban Peduli Penyandang Disabilitas (P3D). Penyerahan bantuan kepada sejumlah difabel di Karangayu, Semarang, Jawa Tengah, Senin (13/11).

''Tidak boleh ada jurang pemisah antara penyandang difabel dengan orang normal. Kami bicara prestasi dan intelektualitas, tidak lagi bicara soal kekurangan fisik. Di dunia luar sana banyak orang sukses yang merupakan penyandang disabilitas,'' kata pejabat yang kerap di sapa Hendi itu.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi serahkan bantuan kaki palsu
PANTANG DISKRIMINASI: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam kegiatan penyerahan bantuan kaki palsu kepada penyandang disabilitas. (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

Politikus PDIP itu juga memastikan tidak akan ada penolakan bagi kaum difabel Kota Semarang. Mereka berhak mendapatkan layanan pendidikan, kesehatan, dan lapangan pekerjaan.

Hendi menjelaskan, yang sekarang sedang dalam pengupayaan adalah bagaimana kaum disabilitas bisa bekerja dan diterima bekerja di perusahaan atau pabrik. Para penyedia lapangan kerja dihimbau untuk bisa mempekerjakan kaum difabel di perusahaannya, sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

''Kebutuhan tenaga kerja kan beragam, ada fisik dan kebutuhan. Sepanjang mereka tidak menempati posisi yang tidak mengganggu aktifitas kerja, kenapa tidak? Kita harus dukung itu,'' imbuh Hendi.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up